Kamis, 05 Maret 2015

Cara Mengirim Tulisan Ke Majalah Femina


www.rebellinasanty.blogspot.com
foto milik pribadi
Sudah tahu khan majalah Femina? Yang belum tahu bisa dibilang kudet deh, hahaha. Maaf, becanda. Soalnya Femina ini majalah yang sudah terkenal dan tahan banting. Di saat majalah baru bermunculan bak cendawan di musim hujan, Femina tetap eksis, begitu juga saat majalah-majalah lainnya berguguran alias tutup karena berbagai sebab, majalah Femina masih tetap eksis dan punya penggemarnya sendiri. Tapi saya tidak bahas tentang cara bagaimana Femina bisa tetap eksis, melainkan memberi  info mengenai rubrik-rubrik apa saja yang  ada di Majalah Femina yang bisa diisi oleh penulis luar (bukan bagian dari redaksi internal).  Yuk, cek di sini:



RUBRIK GADO GADO
Walau cuma satu halaman, rubrik ini beken loh. Bisa nembus Gado-gado itu…Sesuatu banget! Banyak penulis yang ingin tulisannya masuk dalam rubrik ini.

Rubrik Gado-gado berisi  kisah human interest , berupa pengalaman pribadi, ataupun pengalaman orang lain, tentang berbagai hal menyangkut kehidupan sehari-hari. Diceritakannya (ditulis)  secara ringan. Bisa lucu, sedih, bahkan horor! Yang pasti ada hal yang bisa dijadikan pelajaran dan hikmah  dari kisah tersebut.

Syarat Umum
1.     Ditulis dengan Arial size 12
2.     Jumlah karakter: 4500 karakter
Dikirimkan melalui: (salah satu) - Email : kontak@femina.co.id  dengan Subject : [Rubrik Gado Gado] atau melalui  Pos ke alamat Majalah Femina   Gedung Femina, Lantai 5 , Jl. H.R. Rasuna Said Kav. B 32 – 33, Kuningan, Jakarta 12910
 Sertakan Subject di pojok kiri atas amplop : [Rubrik Gado Gado]

 Apabila artikel Gado Gado Anda dimuat, akan ada  honor yang besarnya ditentukan oleh FEMINA
Jika tidak dimuat, Femina akan mengirimkan pemberitahuan via e-mail atau kartu pos. (ssstt.., honornya lumayan loh).  Mengenai rubrik gado-gado, lengkapnya bisa dilihat di sini (berdasarkan pengalaman pribadi).http://rebellinasanty.blogspot.com/2014/02/syarat-pengiriman-tulisan-di-rubrik.html

www.rebellinasanty.blogspot.com
foto milik pribadi


CERPEN (CERITA PENDEK) & CERBER (CERITA BERSAMBUNG)
 Untuk rubrik cerpen dan cerber, berikut syaratnya:
1.     Ditulis dengan Arial size 12
2.     Cerpen: 12.000 – 15.000 karakter, Cerber: 15.500 – 22.000 karakter/bagian
3.     Cara pengiriman: (lihat di rubrik Gado-Gado)
4.     Apabila cerpen atau cerber dimuat, akan ada  honor yang besarnya ditentukan oleh FEMINA  (denger-denger, honor cerpen sekarang 1 jt loh)
5.     Jika tidak dimuat, Femina  akan mengirimkan pemberitahuan via e-mail atau kartu pos
Untuk cerpen dan cerber, ada baiknya mempelajari gaya bahasa Majalah Femina di portal onlinenya. Ending yang twisting, selain cerita yang baik, menambah peluang untuk dimuat.

ARTIKEL FEATURE

Artikel Feature ini dapat berupa:
1.     Rubrik Oleh-Oleh: lokasi wisata harus unik dan belum pernah dimuat oleh Femina. Gaya bahasa disesuaikan dengan gaya bahasa Femina. Jika Anda ingin menulis destinasi wisata yang sudah populer, carilah keunikan negara/kota tersebut yang belum/jarang tereksplorasi.  Apabila Oleh-Oleh dimuat, akan ada  honor yang besarnya ditentukan oleh FEMINA.
2.     Rubrik Rupa-Rupa: Tema yang diangkat bebas, harus menarik dan/atau inspiratif. Anda bisa melihat contohnya di Majalah Femina
3.     Ditulis dengan Arial size 12, Spasi 1
4.     Panjang halaman: 4-5 halaman ukuran kertas letter
5.     Alternatif foto 15-20 foto .
6.     Bisa dikirim ke salah satu dari berikut:
• Email     : kontak@femina.co.id  dengan Subject :  [Rubrik Feature]
 • Pos: Majalah Femina, alamat: Gedung Femina, Lantai 5, Jl. H.R. Rasuna Said               Kav. B 32 – 33,     Kuningan, Jakarta 12910 .
Subject di pojok kiri atas amplop : [Rubrik Feature} Jika tidak dimuat, pihak Femina akan mengirimkan pemberitahuan via e-mail atau kartu pos .

Nah, itulah info yang bisa saya bagi mengenai rubrik apa saja di Majalah Femina yang bisa menjadi peluang bagi penulis untuk mengirimkan tulisannya. Majalah Femina ini terkenal sangat menghargai penulis luar dan profesional. Pengiriman honor tidak berbelit-belit, dan biasanya langsung masuk ke rekening 1 – 2 minggu setelah tulisan dimuat. Bila ada yang ingin ditanya pun, pihak redaksi Majalah Femina sangat kooperatif dan ramah menanggapinya.

 Yuk, segera kirimkan tulisan ke majalah tersebut. Happy writing!

Sumber: www.femina.co.id

35 komentar:

  1. Makasih infonya Mak, mudah2an suatu saat bisa nembus Femina :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama. saya juga nulisini untuk menyemangati diri agar bisa nembus Femina juga

      Hapus
  2. buat kirim cerpen juga pake subject yg sm dengan rubrik gado-gado?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, hanya di bagian subject isi dengan Cerpen

      Hapus
  3. Kalo tulisannya akan dimuat, biasanya ada konfirmasi lebih dulu dr pihak feminanya gak ya? ngabarin kalo tulisan kita akan di muat gitu? Atau kita cek sendiri dimajalahnya? Makasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. dikabarin lewat telepon dan email, mbak. majalah yang berisi tulisan kita yang dimuat, beli sendiri. tapi bisa minta dikirimi kok. teman saya ada yang dikirimi majalahb ukti pemuatan.

      Hapus
  4. kalo mau ngirim ke majalah, naskah cerpennya dikirim semua ta kak? makasih. soalnya saya belum pernah mengirim ke majalah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. naskah dikirim dalam bentuk file doct melalui attachment (tautan). jangan tulis di badan email ya, badan email untuk perkenalan diri :)

      Hapus
  5. wah, terimakasih banyak atas info dan tips-nya ^^
    setelah dua kali kirim dan gagal tembus, saya harap yang ketiga kalini lolos :) mohon doanya, kak :D
    keep writing and GBU untuk Kak Rebellina dan sekeluarga ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga sukse ya. Tetap semangat menulis :)

      Hapus
  6. kak kalo buat cerpen genrenya apa? bebas atw nggak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau untuk femina, genrenya bebas, asal mengenai wanita dewasa.

      Hapus
  7. maksudnya karakter itu apa ya? maaf saya kurang tau

    BalasHapus
  8. Kalaau mau ngirim feature yang bukan tentang perjalanan gimana kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. hmm, kalau iu ada sih beberapa yang pernah dimuat, seperti tentang kisah nyata anak teman yang menderita kanker otak. Jadi, sepertinya tidak melulu soal traveling. Tapi berhubung saya bukan tim redaktur, coba saja kirim featurenya ke Femina dnegan syarat sesuai ketentuan (karakter dan foto). Kabar-kabari ya kalau ada informasi setelahnya :)

      Hapus
  9. karakternya harus sampe 12.000 yaa??kalo cuma 3.000an?? gimana? cuma 7 halaman word.
    tolong bantu trims :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sekitar segitu. Kurang lebih dikit sepertinya masih dimaklumi asal tidak kelewat jauh bedanya

      Hapus
  10. wah honornya menggiurkan bingits...

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul. salah satu penyemangat untuk kirim dan tembus Femina, hehehe

      Hapus
  11. Informasi yang sangat menarik mba.

    Trims sharingnya :)

    BalasHapus
  12. Mau tanyaa tolong bantu jawab yaa. Kalo rubrik oleh oleh itu terbitnya berapa bulan sekali yaaa? Soalnya femina kan terbit seminggu sekali tp suka gada rubrik oleh2nya.thanks

    BalasHapus
  13. Mau tanyaa tolong bantu jawab yaa. Kalo rubrik oleh oleh itu terbitnya berapa bulan sekali yaaa? Soalnya femina kan terbit seminggu sekali tp suka gada rubrik oleh2nya.thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah..,kalau itu mungkin tergantung redakturnya atau kebijakan redaksinya kali ya mbak. coba aja kirim kalau mbak punya naskah yang bagus. akan ada kabarnya kok kalau diterima atau ditolak

      Hapus
  14. kak, pemberitahuan diterima/ditolak nya cerpen kira kira berapa bulan ya? terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya antara 3-6 bulan. bahkan bisa lebih, tergantung bnayak tidaknya naskah yang masuk

      Hapus
  15. Saya sudah beberapa kali mengirimkan naskah cerpen ke Femina; pernah dimuat 1 kali. Tapi saya tidak pernah sekalipun mendapat kabar tentang naskah yg tidak dimuat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ketentuan untuk memberi tahu naskah kita ditolak, ternyata tidak baku loh Mbak. Saya juga ada beberapa naskah yang tidak jelas nasibnya sampai kini. Patokannya berdasarkan kata penulis senior, bila sudah 6 bulan tidak ada kabar, lebih baik anggap ditolak, atau di tarik kembali (lewat email ajukan penarikan naskah kembali).

      Hapus
  16. saya ingin mengirim cerpen , caranya gimana

    BalasHapus
    Balasan
    1. tulis sesuai ketentuan, lalu kirimkan ke femina :)

      Hapus
  17. untuk mengisi masa pensiun, saya ingin menulis cerpen via email bisa? bgm dg biografi yang akan saya kirim, bolehkah? terims balasannya semoga apa yang saya buat bermanfaat khususnya untuk diri saya sendiri

    BalasHapus
    Balasan
    1. cerpen ditulis di word, lalu kirimkan via email dalam bentuk attachment. Di badan emai, tulis salam perkenalannya, dan bio data mini Ibu serta ringkasan cerpen yang Ibu tulis. di bagian subject email tulis : cerpen: judulnya(yang anda tulis). Demikian, semoga membantu

      Hapus

Hai.., Terima kasih sudah mau baca tulisanku. Jika berkenan, beri komentar ya. Setiap komentar insha Allah pasti dibalas, kecuali yang nyepam dan SARA ya. Komentar anda, membantu banget buat perbaikan Blog ini. Salam, Rebellina :)

badge