Senin, 23 November 2015

Menjadi Guru Mengaji? Mengapa Tidak!

http://www.rebellinasanty.blogspot.com

Menjadi guru mengaji?

Tidak pernah terpikir oleh saya suatu waktu kelak akan menjadi seorang guru mengaji. Kalau guru les Bahasa Inggris, pernah. Itu pun untuk anak-anak tetangga sekitar rumah, dan lembaga kursus Bahasa Inggris yang berada dekat rumah juga. Dan itu waktu saya masih belum menikah.

Tapi kalau menjadi  guru mengaji?  Saya enggak percaya diri dengan kemampuan saya dalam pengetahuan agama, sampai suatu kondisi memaksa saya memilih untuk menjadi guru mengaji. Dan itu untuk  anak saya sendiri, yakni Ai dan Adek.

Kamis, 19 November 2015

Bintang Untuk Emak; Memoar “Gado-Gado” Ala Pakde

Rubrik Gado-Gado di majalah Femina, dan blogger senior Abdul Cholik, yang biasa dipanggil Pakde.

Apa hubungannya?

Rubrik Gado-gado terkenal di kalangan penulis, dan berhasil nembus Femina untuk rubrik ini serasa gimana…gitu. Isinya berupa kisah inspiratif, humor, haru, sedih, bahkan horor. Sebagai pembaca Femina, saya selalu mencari rubrik ini pertama kali untuk dibaca. Isinya yang singkat dan ringan namun tidak ngeboseni dan bahkan selalu asyik untuk dibaca. Enggak heran khan rubrik ini sangat terkenal?

Pakde Cholik, di kalangan blogger, siapa yang tak kenal beliau? Seorang blogger senior yang sering menang lomba blog. Saya aja yang telat mengenal pensiunan Jenderal ini. Selain menerbitkan bukunya secara mandiri, Pakde Cholik ini juga menerbitkan bukunya di penerbit mayor. Sudah puluhan buku yang beliau tulis dan terbitkan. Dan sebagai blogger, wah.., saya harus belajar banyak dari beliau.

Lalu, sekali lagi nih, apa sih hubungannya antara rubrik Gado-gado dengan Pakde Cholik?

Pakde Cholik menulis buku memoar yang isinya mirip Gado-Gado Femina. Ada kisah haru, sedih, sarat hikmah, inspiratif, humor, dan macem-macem. Walau tebal, enggak usah takut untuk ngebacanya, karena Pakde Cholik membagi buku ini dalam puluhan bab. Setiap bab mengandung satu cerita. Jadi, membaca buku Bintang Untuk Emak, seperti membaca kumpulan kisah Gado-gado ala majalah Femina. Hanya saja, penulisnya satu orang, yakni Pakde Cholik.

Kamis, 05 November 2015

Saat Air Sumur Kami Kering..


http://www.rebellinasanty.blogspot.com
saat hujan turun, memandang dari balik jendela
Senang rasanya saat melihat titik-titik air turun membasahi dedaunan tanaman di halaman rumah. Dari tempat favorit saya di dekat jendela, mata saya leluasa melihat halaman depan yang basah oleh limpahan air hujan. Sungguh suatu kenikmatan yang tak terhingga mengingat berbulan-bulan lamanya di tempat saya ini sudah tidak turun hujan. Benar-benar kemarau yang paling parah yang pernah saya alami sejak pindah ke daerah ini.

badge