Jumat, 06 Maret 2015

Fakta Unik Tentang Paus Biru


www.rebellinasanty.blogspot.com
photo: credit
Paus biru (Balaenoptera musculus) adalah hewan mamalia yang hidup di dalam air, berdarah panas, dan bernafas dengan paru-paru. Paru-paru paus biru mampu menampung 5000 liter (1320 galon) udara, atau 1000 kali kapasitas rata-rata paru-paru manusia. Paus biru melahirkan dan menyusui anaknya di dalam laut.


Paus Biru adalah hewan paling besar yang ada di dunia ini. Berat badannya bisa mencapai lebih dari 180 ton, dan panjang tubuhnya  bisa mencapai 33 meter lebih.. Berat hati atau livernya saja seberat 450 kg, jantungnya 600 kg. saking besarnya jantung paus biru, anak-anak  bisa berenang di arteri utamanya. Lidah paus biru  beratnya bisa sampai 2,7 ton, seukuran berat gajah dewasa.  Gede, bukan?
www.rebellinasanty.blogspot.com
jantung paus biru, arterinya bisa tempat anak-anak main petak umpet :)photo: credit
Namun dibandingkan dengan massa tubuhnya, otak paus biru relatif kecil, yakni 692 kg atau 0,007% massa tubuhnya. Untungnya walaupun bergelar sebagai makhluk hidup paling besar di dunia,  paus biru tidak memakan daging. Paus biru hanya memakan zooplankton. Coba kalau paus biru makan daging, bisa-bisa habis seisi lautan dimakannya.

Selain dikenal sebagai makhluk terbesar di dunia, ternyata paus biru juga memegang rekord sebagai makluk yang memiliki suara paling keras di dunia. Suara paus biru adalah  188 desibel. Angka ini sama dengan 1 juta kali suara mesin pesawat jet yang cuma 120 – 130 desibel.

Perlu diingat bahwa tingkat kekerasan suara bertambah secara logaritmis. Artinya, setiap kenaikan 10 desibel, berarti peningkatan intensitas suara hingga 10 kali lipat. Dia juga bisa berkomunikasi dengan sesamanya dari jarak 1600 km . Kita harus bersyukur paus  biru tinggalnya di dalam laut. Kalau tidak, kita semua   tidak bisa tidur , terutama adik bayi dan ibunya! :)




Referensi Tulisan :









6 komentar:

  1. wah dapat pengetahuan baru. nice share :)

    BalasHapus
  2. iya ya mak, bersyukur banget makhluk paling keras suaranya ini adanya di laut. Allah emmang menciptakan semuanya sempurna

    BalasHapus
    Balasan
    1. sayang, manusia banyak merusak tatanan yang tercipta sudah sempurna ini ya Mak

      Hapus
  3. wauw..info yang keren..bisa jadi bahan cerita buat anak-anak ;)

    BalasHapus

Hai.., Terima kasih sudah mau baca tulisanku. Jika berkenan, beri komentar ya. Setiap komentar insha Allah pasti dibalas, kecuali yang nyepam dan SARA ya. Komentar anda, membantu banget buat perbaikan Blog ini. Salam, Rebellina :)

badge