Minggu, 29 Maret 2015

Bekal Ananda Sekolah : Kroket Mie Sarat Gizi

www.rebellinasanty.blogspot.com
kroket mie sarat gizi, cocok untuk bekal snack ananda. foto koleksi pribadi rebellina
Kroket mie ini salah satu cemilan yang disukai anak-anak saya. Rasanya yang gurih dan enak, serta kandungan nutrisinya yang cukup memenuhi kebutuhan  gizi mereka, membuat cemilani ni pas untuk bekal mereka ke sekolah, atau sekedar kudapan ringan di sela makan besar. Apalagi isinya bisa dimodifikasi sesuai selera dan bahan-bahan yang ada.Nyam…nyam…, eunak!

Kalau saya buat kroket ini isinya enggak jauh dari kentang, wortel,buncis, dan ayam. Kalau lagi ada jamur, ya ditambahkan jamur. Pokoknya sesuai kreatifitas sendiri deh. Agar tidak hilang dari ingatan, saya tuliskan resepnya di blog ini. Inspirasi resep kroket mie ini berasal dari detikfood, dan dimodifikasi sesuai selera (saya).


Bahan-bahan:
200 gr mie telur kering. Rebus hingga matang, tiriskan.
2 siung bawang putih, cincang halus
½ buah bawah bombay, cincang halus
50 gr wortel. Potong kotak kecil
25 gr buncis, iris bulat tipis
100 gr kentang, potong kotak kecil
Garam,gula,merica, pala bubuk secukupnya
100 gr dada ayam, potong kotak kecil atau cincang halus
200 ml susu cair
2 sdm tepung terigu
minyak untuk menumis.

Bahan Pelapis:
1 btr telur
100 gr tepung panir

Cara membuat:
Tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum dan layu. Masukkan daging ayam, wortel, dan kentang. Aduk-aduk hingga layu dan daging ayam berubah warna.

 Masukkan buncis, aduk rata. Kemudian tambahkan  terigu, aduk hingga rata.  Masukkan susu cair, aduk kembali hingga rata dan adonan bahan mendidih.

Masukkan mie yang telah direbus,  pala, garam, gula, dan merica. Jangan lupa icip untuk menyesuaikan rasa dengan selera. Aduk rata hingga matang. Dinginkan.

Setelah dingin, bentuk adonan menjadi bulat atau pun bulat panjang, sesuai selera. Masukkan dalam kocokan telur, lalu gulingkan dalam tepung panir hingga rata. Goreng dalam minyak panas hingga kuning keemasan.

Angkat dan tiriskan. Sajikan dengan saus mayonais atau potongan cabe rawit. Siap santap ataupun sebagai bekal cemilan buat ananda.

Tips:
Lebih mudah membalur kroket mie dengan tepung panir dengan cara memasukkan tepung panir ke dalam kantong plastik atau toples yang bertutup. Masukkan kroket, dan goyang-goyangkan wadah plastik sehingga tepung panir menutupi keseluruhan adonan kroket. Dengan cara ini, tangan anda tidak lengket oleh adonan telur dan tepung panir.


Selamat mencoba, semoga cocok dengan selera anda.
Happy Cooking




12 komentar:

  1. Balasan
    1. udah praktek belum? Bagi dong cerita praktek masaknya :)

      Hapus
  2. mau donk mba Shanty....sederhana dan yummy ya :)
    oya,..Mba Shanty bisa berkomunikasi dg saya di kettyhusnia@gmail.com berkaitan dg kolaborasi tulisan. Terima kasih Mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Mbak Ketty. Nanti saya hubungi lewat email. Saya kalau masak sih pengennya yang sederhana dan mudah, serta murah. repot kalau mau yang ribet, hehehe

      Hapus
  3. maaak, yummy banget..mak ikutkan di lomba camilan sehat mak, buruan masih bisa DL 31 maret ini linknya: http://dariperempuan.com/lomba-blog-dariperempuan-dan-nuk/

    BalasHapus
  4. hmmm enak nih... pengen coba resepnya..he2

    BalasHapus
    Balasan
    1. silakan saja, sesuaikan dengan selera sendiri :)

      Hapus
  5. blogmu aku bookmark ah mba...banyak resep2 enak dan mudah nih ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. silakan Mbak. saya memang suka bikin masakan yang maunya simple, pembuatan dan bahannya :)

      Hapus

Hai.., Terima kasih sudah mau baca tulisanku. Jika berkenan, beri komentar ya. Setiap komentar insha Allah pasti dibalas, kecuali yang nyepam dan SARA ya. Komentar anda, membantu banget buat perbaikan Blog ini. Salam, Rebellina :)

badge