Jumat, 27 Maret 2015

Resep Membuat Sate Banjar Enak Dan Mudah

Cara Mudah Membuat Sate Yang enak
Sate Banjar Ala Rebellina. Foto milik pribadi Rebellina

Menu sate pasti punya banyak penggemar. Saya dan seisi rumah (kecuali Fatih) termasuk diantaranya. Dan beberapa kali saya pernah bikin sate sendiri, yakni sate padang. Tapi itu sudah lama banget.

Dan kini, kepengan makan sate padang lagi. Sampai tingkat pengennya seperti ngidam saja.
Bahan-bahan untuk bikin sate padang sendiri, alhamdulillah ada. Tapi..., yang enggak ada, ketupatnya. Nyari selongsong ketupat kosong kok ya susah. Hanya mudah ditemui di pasar saat menjelang Idul Fitri dan Idul Adha. Pengen diganti dengan lontong, lagi males buatnya, karena nyari daun pisang rada susah. Sejak pohon pisang saya tumbang, saya enggak sebebas dulu mau bikin lontong. Kudu minta tetangga, dan saya itu riskan minta-minta...



Solusinya sih sebenarnya gampang, tinggal beli, beres deh! Tapi penggemar satai di rumah bukan saya doang. Kali berapa kepala, bisa rugi bandar deh, hehehe. Dassar mak hemat :)

Tetapi, pengen makan sate enggak tertahan lagi. Alhasil bongkar buku resep lama. Adanya di boklet dari Majalah Swara Kartini Indonesia edisi 57. Enggak tahu tahun berapa. Dari berapa resep sate  yang ada di sana, ternyata resep yang paling mudah  bahan dan pembuatannya itu  resep Sate Banjar. Jadilah langsung di eksekusi. Tentu saja pakai modifikasi. Dan hasilnya..., seperti yang saya duga. Dua puluh lima tusuk sate ukuran jumbo, langsung tandas seketika. Kata penikmatnya: " Eunak...eunak...! Kapan Bunda bikin sate lagi?"

 Mau tahu resep dan caranya?
Ada di sini.

Resep Sate Banjar (Sesuai resep di Boklet Majalah Swara Kartini Indonesia, No 57)
Bahan-bahan:
250 gr daging ayam, potong dadu kecil (saya pakai yang ada sedikit kulitnya, biar makin gurih)
4 buah cabe merah besar, rebus
4 butir bawang merah
2 siung bawang putih
3 buah tomat merah, parut
2 sdm kecap manis
1 sdm minyak goreng
garam,gula pasir secukupnya
Tusukan sate (tergantung besar potongan sate dan isinya, sesuaikan selera masing-masing)

Resep Sate Banjar Modifikasi Ala Saya:
500 gr daging ayam yang ada sedikit kulitnya (kebetulan di pasar ada yang jual fillet daging ayam seperti ini)
20 buah cabai merah, rebus bersama bawang merah)
15 butir bawang merah
10 siung bawang putih
4 sendok makan saus tomat (lagi tidak punya persediaan tomat segar)
3 sdm makan kecap manis
1 sdm saus tiram
1 sdm minyak goreng
garam, gula pasir secukupnya.

 Cara Membuat :
Haluskan cabai merah, bawang merah dan bawang putih. Tambahkan dengan tomat parut (atau saus tomat), kecap manis , dan saus tiram), garam, gula pasir dan minyak goreng. Cicipi, sesuaikan dengan selera.
Masukkan bumbu halus ke dalam potongan daging ayam yang tentu saja sudah dicuci bersih dan ditiriskan sebelumnya.
Diamkan dalam lemari pendingin sedikitnya  selama 45 menit (kalau saya, selama 4 jam)
Tusukkan sate pada tusukan sate
Bakar, di atas bara sambil dipoles sisa bumbu.

Mudah bukan?
Selamat mencoba, dan semoga sesuai dengan selera anda

Happy Cooking
Cara Mudah Membuat Sate Yang Enak




16 komentar:

  1. AKu belum pernah cobain nih ehhehe. Izin save resepnya ya mak, siapa tau kapan-kapan rajin masak-masak dan pengen bikin ini. Looks so good :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. silakan Mak. sya juga baru nyobain resepnya kemarin. Ditulis di blog agar berguna buat anak-anak kelak, dan syukur kalau bermanfaat juga buat orang lain, setidaknya menginspirasi :)

      Hapus
  2. Nom..nom..nom.. sate Banjarnya enyak. Pengen coba resepnya mak

    BalasHapus
  3. percaya nggak, Bunda? kalo saya sekarang rajin baca-baca resep masakan disini. secara saya lagi belajar masak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah..., saya jadi GR nih, soalnya masakan saya sih biasa-biasa aja. Tapi alhamdulillah kalau bermanfaat. Bagi-bagi ceritanya soal praktek masak ya :0

      Hapus
  4. iya nih mak, sepertinya mudah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau menurut saya, yang bikin mudah itu bumbunya. enggak seperti sate padang. Di coba hayuk...

      Hapus
  5. wah gampang ya keliatannya... jadi pengen coba...

    boleh share mbak?

    BalasHapus
  6. belum pernah makan sate banjar mbaaa.. :(
    duh si embak posting makanan melulu bikin ngiler deh..hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. lagi ngedokumentasiin resep-resep favorit keluarga Rin. Sekalian buat isi blog, hehehe. Sate banjar ini saya juga baru buat Rin, ternyata mudah dan enak

      Hapus
  7. mmmm sedaaap...jadi bukan bumbu kacang ya mak..jarang bikin sendiri saya..soalnya deket rumah ada yg jual tp bumbunya kacang ...asik jg ya bikin sendiri :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang ini enggak pakai bumbu kacang Mak Kania. itulah kemudahannya, hehehe. bumbunya enggak repot

      Hapus

Hai.., Terima kasih sudah mau baca tulisanku. Jika berkenan, beri komentar ya. Setiap komentar insha Allah pasti dibalas, kecuali yang nyepam dan SARA ya. Komentar anda, membantu banget buat perbaikan Blog ini. Salam, Rebellina :)

badge