Jumat, 13 Maret 2015

Resep Dasar Bakpao Nan Lezat


www.rebellinasanty.blogspot.com
Bakpao buatan rebellina
Bakpao adalah salah satu snack favorit anak-anak saya, termasuk saya. Dibanding roti, saya lebih suka bakpao. Mungkin karena teksturnya yang lebih lembut. Apalagi bila diberi isian yang menjadi favorit kita semua, semisal ayam saus asam manis. Selain enak menjadi kudapan peneman minum teh, kopi atau susu hangat, kudapan ini bisa pengganti sarapan, dan sangat cucok juga buat bekal snack anak-anak.

Membuat bakpao hampir sama dengan membuat roti. Itu yang kadang sedikit menghalangi niat  saya untuk membuat bakpao dan juga roti. Capek nguleninya sampai elastis. Maklum, masih pakai tenaga tangan, belum punya peralatan mixer buat roti. Mixer phillips saya sudah tua, enggak cukup tenaganya buat nguleni adonan roti sampai elastis J


Namun yang namanya kepengen, ternyata bisa menjadi booster buat rela ngerjain sesuatu yang bikin capek, namun hati senang. Seperti kemarin sore. Keinginan makan bakpao sudah sejak seminggu lalu terbitnya. Namun realisasinya baru kemarin tersebut. Alhamdulillah, jadi seperti yang diinginkan. Kalau soal tampilan..hmmm…, maaf, tidak seperti yang dijual-jual di bakery. Tidak telaten sayanya. Tapi kalau soal rasa…, silakan praktek saja.

Resep ini berasal dari Majalah Sedap, Edisi September/V/2004. Sudah lama saya pakai, sudah hampir 11 tahun. Isi bisa disesuaikan dengan kesukaan keluarga alias, variasikan sendiri. Berikut resepnya :

Resep Dasar Bakpao I :  Dengan Tambahan Tepung Tan Mien
Bahan:
250 gr terigu protein rendah
50 gr tepung tang mien
6 gr atau ½ sdm ragi instan
3 gr atau 1 sdt baking powder
55 gr gula tepung
½ sdt garam
20 gr susu bubuk
25 gr mentega putih
175 gr air es

Cara Membuat :
1.       Ayak tepung terigu dan tepung tan mien. Setelahnya, tambahkan ragi instan, susu bubuk, baking powder, dan gula tepung. Aduk hingga tercampur rata
2.       Tambahkan air es sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga kalis
3.       Masukkan mentega putih dan garam. Uleni kembali sampai elastis. Tempatkan dalam wadah kering, tutup dengan serbet. Diamkan 30 menit
4.       Kempiskan adonan. Bagi-bagi adonan sesuai besar yang diinginkan. Bulatkan, lalu diamkan 10 menit.
5.       Kempiskan adonan. Lalu giling , beri isi, bentuk sesuai selera. Letakkan di alas kertas roti. Diamkan selama 30 menit
6.       Kukus dengan api besar  selama 10 menit.


Resep Bakpao II: Tanpa Tepung Tan Mien

Bahan I
400 gr terigu protein rendah
2 sdt ragi instan
1 sdm gula tepung
250 ml air

Bahan II
200 gr terigu protein rendah
2 sdt baking powder
50 gr gula tepung
½ sdt garam
170 ml air
40 gr mentega putih

Cara Membuat:
Bahan I
Ayak terigu, tambahkan ragi instan dan gula tepung. Tuang air sedikit demi sedikit dan uleni hingga kalis. Diamkan selama 45 menit dalam wadah yang ditutup serbet

Bahan II.
Ayak tepung dan baking powder. Tambahkan gula tepung,  dan air. Uleni sampai kalis. Masukkan bahan I. Uleni kembali hingga rata.
Tambahkan mentega putih dan dan garam. Uleni kembali hingga rata dan elastis. Bagi-bagi adonan sesuai ukuran yang diinginkan. Diamkan 10 menit.
Giling adonan, beri isian, bentuk sesuai selera. Diamkan selama 30 menit.
Kukus sampai matang dengan api besar sekitar 8-10 menit.


Keterangan
Sdm = sendok makan
Sdt = sendok teh
Gr = gram
Tepung tan mien adalah tepung yang terbuat dari saripati gandum, berwarna putih (warnanya hampir mirip dengan tepung sagu). Bisa diperoleh di tempat penjualan bahan-bahan kue.

Catatan:
Saya pernah membuat kedua variasi bakpao ini. Terus terang, saya lebih suka bahan yang ada tambahan tepung tanmien, karena rasa bakpaonya lebih lembut. Namun tanpa tepung tanmien juga enak, hanya saja selera saya lebih suka dengan resep I.

Tidak ada persediaan mentega putih? Kalau saya sih, pakai jalan pintas. Pakai persediaan margarin yang ada di rumah. Tapi jadinya mirip roti ya, hanya saja pengolahannya dengan dikukus.

Variasi Isi Bakpao bisa dilihat di sini : http://rebellinasanty.blogspot.com/2015/03/variasi-isi-bakpao-nan-lezat.html

Silakan mencoba








7 komentar:

  1. Wah, aku perlu ini. Soalnya sekeluarga suka bakpao, tapi yang sering buat ibuku, cuma aku tinggal jauh dari ibu. jadi kapan-kapan mau buat sendiri ah. Praktis krn nggak pakai oven atau mixer, cuma kukus doang. Soalnya nggak punya oven dan mixer mbak, hahahaa...
    saya bookmark ya mbak. makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. silakan. iya mbak, bikin bakpao ini enggak pakai mixer dan oven, jadi pilihan bagi penggemar roti-rotian, tapi enggak mau repot ngeluarin mixer dan oven.

      Hapus
  2. mb, bisa kasih pencerahan tentang Tepung? Maksudnya tepung protein rendah yang macam mana? Protein rendah? Ada merek yang bisa di sarankan nga mba?
    terima kasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau tepung protein rendah yang biasa saya pakai merk Lencana Merah keluaran Bogasari. kalau pun sulit nyarinya, pakai yang sedang aja, seperti segitiga biru. Kalau enggak ada sama sekali, beli aja yang biasa ada di warung. Enggak terlalu signifikan perbedaan rasanya kok setelah jadi

      Hapus
  3. Terima kasih resepnya,mbak...saya jg penggemar bakpao dan roti,kebetulan saya jg kemarin baru buat bakpao, pakai resep dari majalah sedap juga,mentega putih saya ganti dgn minyak goreng, kebetulan tdk ada stok mentega putih, rasanya tetap enak, kok.... salam kenal, dari Conita

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, jadi masukan baru nih. berarti mentega putihnya bisa disubtitusi dengan minyak goreng ya. Oh ya, salam kenal juga dan makasih infonya

      Hapus
  4. Kalau adonan tidak kalis apakah adonan bisa jadi bantet mba?

    BalasHapus

Hai.., Terima kasih sudah mau baca tulisanku. Jika berkenan, beri komentar ya. Setiap komentar insha Allah pasti dibalas, kecuali yang nyepam dan SARA ya. Komentar anda, membantu banget buat perbaikan Blog ini. Salam, Rebellina :)

badge