Jumat, 13 Maret 2015

Variasi Isi Bakpao Nan Lezat

www.rebellinasanty.blogspot.com
bakpao isi ayam saus tiram
 Sebenarnya variasi isi bakpao bisa dibuat apa saja, sesuai selera keluarga. Bisa kacang hijau, kacang merah, unti  kelapa, yah…, tergantung selera dan bahan yang ada. Namun untuk keluarga saya lebih suka dengan isian ayam kentang jamur saus tomat, atau saus tiram.  Tidak ada salahnya kalau di sini saya tuliskan 2 varisi isi bakpao yang biasa saya buat, karena anak-anak semua menyukainya, sekaligus sebagai dokumentasi resep-resep yang kami sekeluarga sukai

Berikut variasi-variasi Isi Bakpao Nan Lezat


Bakpao Ayam Kentang Jamur Saus Tomat
Bahan:  1 resep adonan Bakpao I. Resep lihat di postingan http://rebellinasanty.blogspot.com/2015/03/resep-dasar-bakpao-nan-lezat.html

Bahan Isi:
150 gr daging dada ayam, potong dadu kecil
100 gr kentang, kupas, potong dadu kecil
100 gr jamur kancing, potong kecil
www. rebellinasanty.blogspot.com
½ buah bawang bombay yang besar, di sincang halus
2 siun bawang putih, geprak, cincang halus
1 sdm saus cabe (bisa di skip, kalau tidak suka)
4 sdm saus tomat
Minyak untuk menumis
Garam, gula, merica, dan penyedap rasa (optional)

Cara Membuat:
Tumis bawang bombay dan bawang putih hingga layu dan harum. Masukkan potongan ayam, aduk-aduk hingga ayam berubah warna. Tambahkan potongan kentang, beri sedikit air. Biarkan hingga kentang setengah matang. Masukkan jamur kancing, saus cabe dan saus tomat. Tambahkan garam, gula, merica dan penyedap rasa. Bila terasa encer, kentalkan dengan sedikit maizena yang dilarutkan dengan air.  Masak hingga matang.

Pipihkan adonan bakpao yang telah disiapkan. Beri isian. Bentuk sesuai selera. Diamkan 30 menit. Kukus hingga matang dengan api besar selama 8 – 10 menit.
Hasil jadi : 20 buah



Bakpao Isi Hati Ayam Saus Tiram


Bahan Isi:
300 gr hati ayam, bersihkan, rebus hingga matang, potong dadu kecil
100 kentang, potong dadu kecil
2 siung bawang putih, cincang halus
½ buah bawang bombay, cincang halus
I buah cabai merah besare, buang biji, iris halus
Bakpao isi hati ayam saus tiram
1 sdm kecap manis
2 sdm saus tiram
Garam
Gula
Merica
Minyak untuk menulis
2 sdm maizena, kentalkan dengan sedikit air.

Cara Membuat:
Tumis bawang putih dan bombay hingga layu dan harum. Tambahkan irisan cabe, dan  hati ayam. Aduk hingga hati ayam setengah mengering. Masukkan kentang. Beri air sedikit. Masak hingga kentang ½ matang. Tambahkan kecap manis, saus tiram, garam, gula, merica. Aduk sampai matang. Kentalkan dengan larutan maizena. Aduk hingga larutan maisena menyatu dengan adonan isi dan matang.
Kempiskan adonan bakpao 2.  Sendokkan isi. Bentuk sesuai selera. Alas dengan kertas roti. Diamkan 30 menit.  Kukus dengan api besar selama 8 -10 menit hingga matang.
Hasil jadi: 40 buah

Selamat Mencoba 
J



1 komentar:

  1. mm...sedapnya...jadi inget udah lama..ga ada tukang bakpao lewat depan rumah...takut gagal nih mak kalau bikin sendiri :p

    BalasHapus

Hai.., Terima kasih sudah mau baca tulisanku. Jika berkenan, beri komentar ya. Setiap komentar insha Allah pasti dibalas, kecuali yang nyepam dan SARA ya. Komentar anda, membantu banget buat perbaikan Blog ini. Salam, Rebellina :)

badge