Sabtu, 02 April 2016

Cara Membuat Boneka Dari Botol Bekas Susu

http://www.rebellinasanty.blogspot.com
Trio Boneka Cantik. Dari botol bekas susu loh...

Anak-anak senang minum susu dalam botol kemasan? Jangan buang botol bekas susunya. Dengan sedikit usaha, botol-botol bekas  susu itu bisa kita ubah menjadi boneka kecil sebagai teman bermain anak,khususnya anak perempuan nih.  Itu yang saya lakukan saat menghadapi setumpuk botol bekas susu cair.

Selepas kemeriahan acara berbagi bersama susu cair Morinaga Chil-Go!, ternyata menyisakan setumpuk sampah. Apalagi kalau bukan botol plastik bekas susu tersebut. Memang sudah jadi kebiasaan di rumah kita kalau ada sampah plastik berupa bekas kemasan air mineral atau susu, maka ditempatkan dalam wadah tersendiri. Kalau sudah terkumpul banyak, akan diberikan kepada para pengepul barang bekas, atau pemulung yang lewat di depan rumah. Itung-itung sebagai bentuk amal solih terhadap lingkungan dan juga terhadap para pemulung.

Nah, pas lihat-lihat karung tempat ngumpulin botol bekas sus cair tersebut, entah kenapa tangan ini jadi kepengen melakukan sesuatu dengan botol-botol bekas susu tersebut.  Tapi apa?


http://www.rebellinasanty.blogspot.com

Lihat bentuk botol bekas susu yang ramping, tiba-tiba muncul ide untuk membuat boneka. Ok deh, mulai  melakukan percobaan pembuatan boneka sederhana ini. Gagal? Ya sudah pasti ada dong. Namun enggak menyerah, sampai akhirnya setelah 3 kali percobaan, bisa juga saya membuat boneka mungil buat teman main Aisyah.

 Mau tahu cara pembuatan boneka mungil dari botol bekas susu ini? Yuk perhatikan langkah-langkah pembuatannya di bawah ini.

Bahan-Bahan untuk membuat 1 buah boneka cantik dari botol bekas susu

http://www.rebellinasanty.blogspot.com

  • 2 botol bekas susu cair pertumbuhan Morinaga Chil-Go (soalnya yang ada di rumah botol bekas susu ini )
  • Cutter/Pisau yang tajam
  • Solder atau jarum untuk melubangi
  • Gunting
  • Jarum
  • Benang wol
  • Spidol

Cara Membuat Boneka Dari Botol Bekas Susu
Buang plastik kemasan pembungkus botol.
       Satu botol akan dibuat menjadi badan boneka, sedangkan botol yang satunya lagi sebagai kepala boneka
         Tandai dengan spidol area dekat mulut botol, sekitar 2 cm dari tutup botol. Potong dengan cutter atau pisau yang tajam. Sisihkan. (ini untuk badan boneka)

http://www.rebellinasanty.blogspot.com

        Pada botol yang lain, potong bagian bawahnya sesuai garis tanda spidol. (ini untuk bagian kepala)    

http://www.rebellinasanty.blogspot.com

Satukan bagian kepala 1 dengan bagian kepala 2. Hasil jadi badan dan kepala untuk sementara seperti terlihat pada gambar di bawah ini :

http://www.rebellinasanty.blogspot.com

Masukkan bagian kepala yang sudah disatukan ke dalam bagian badan boneka. Hasil jadi boneka untuk sementara seperti ini :
http://www.rebellinasanty.blogspot.com

Lepaskan bagian kepala. Beri tanda untuk posisi muka/wajah dengan gambar mata dan mulut. Untuk mata, bisa digunakan spidol, dan bibir bisa diganti dengan kain flanel. Namun di sini saya menggunakan spidol. 

Beri tanda titik-titik untuk pola tempat memasukkan benang nantinya. Perhatikan bagian yang ditandai garis merah adalah batasan penyatuan bagian kepala 1 dan 2, jadi area ini biarkan kosong dari gambar pola rambut.
http://www.rebellinasanty.blogspot.com

Beri pola rambut berupa titik-titik dengan spidol hitam untuk kepala bagian belakang. Lihat gambar di bawah ini
http://www.rebellinasanty.blogspot.com

Panaskan solder.Solder bisa diganti dengan benda lain yang cukup runcing untuk membuat lubang-lubang yang akan diisi benang sebagai rambut. Hati-hati dalam menggunakan solder.

Masukkan benang wol ke dalam jarum. Buat simpul di ujung benang. Masukkan jarum dari sisi dalam model kepala ke dalam pola yang telah dilubangi. Tentukan panjang rambut yang dikehendaki. Gunting. Lakukan hal ini sampai semua lubang pola terisi benang wol.

http://www.rebellinasanty.blogspot.com

http://www.rebellinasanty.blogspot.com
Add caption

http://www.rebellinasanty.blogspot.com

http://www.rebellinasanty.blogspot.com


Rapikan rambut sesuai model dan panjang yang dikehendaki.
Kalau sudah selesai pengerjaan rambutnya, satukan kepala bagian atas dengan kepala bagian bawah. masukkan bagian kepala ke dalam bagian badan sesuai contoh gambar di atas. Rapikan rambutnya sesuai selera.



http://www.rebellinasanty.blogspot.com
Masih belum di dandani :)

Selesai deh untuk pembuatan boneka cantik dari botol bekas susu. Tinggal digayain dengan cara diberi baju, atau pun rambutnya di dandani dengan pita dan jepitan.

Seperti ini nih beberapa boneka dari botol bekas susu yang telah jadi dan diberi pakaian. Saya enggak begitu bisa nih bikin model baju buat boneka. jadi penampilannya ya begini nih...

http://www.rebellinasanty.blogspot.com
Yang ini namanya Dinda

http://www.rebellinasanty.blogspot.com
Karena rambutnya, anak-anak bilang namanya Merida. 

http://www.rebellinasanty.blogspot.com
Si Misterius Annabella


http://www.rebellinasanty.blogspot.com
Kalau lagi pengen ganti gaya rambut, lepas kepangnya. Sisir, rapi deh..

Mau ganti baju? Gampang, tinggal tukar bagian kepalanya dengan badan yang memakai baju yang diinginkan. Rambut Merida diatur rapi loh.. :)

http://www.rebellinasanty.blogspot.com
Trio boneka cantik dari botol bekas susu.

Nah, tidak begitu sulit bukan cara pembuatan Boneka Dari Botol Bekas Susu ini? Hanya butuh waktu dan sedikit ketekunan. Ngerjainnya juga asyik loh kalau bareng anak-anak. Yang kudu diwaspadai adalah saat penggunaan solder panas untuk pembuatan lubang rambut kepala boneka.

Selamat mencoba..

RebellinaSanty


Baca Juga : Cara Membuat Buku Unik dan Cantik dengan Bahan-bahan Sederhana

20 komentar:

  1. Kreatif bangeeet mba.. Saya masih riweuh sm Aga nih..hehe..
    Betewe..selamat ya mba jd pemenang lomba susu ini. Keren euy, sekalinya keluar, jd juara. Hihihi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih Arin. Menang lomba iya, alhamdulillah. salah satu rejeki dari Allah lewat blog :)

      Hapus
  2. Layak dicoba nih, Mbak. Anak2 saya paling suka susu botol seperti itu. Dan eman juga kalau cuma dibuang botolnya.

    Terima kasih inspirasinya. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama Mbak. Saya memang kalau di rumah dan lagi stuk nulis, enggak betah diam. jadinya ya bikin sesuatu, salah satunya ini..

      Hapus
  3. Wah lucu ya mbak bahan bekas bisa dijadikan boneka lucu kaya gitu, wah wajib coba noh pasti keren.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo... di share hasil buatannya. biar menginspirasi yang lainnya :)

      Hapus
  4. Whuaaaa keren
    Jadi ga mubazir ya mb lina, botolnya masi bisa kepake gini
    Besok mau cobain ah, klo dah punya beby...mayan buat mainan do it yourself hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. mudah-mudahan dalam waktu dekat udah ada dedeknya, jadi semakin semangat berkreasi dengan DIY ya...

      Hapus
  5. kreatif bgt mba..

    lucu2 bonekanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. daripada bengong, dan lihat botol bekas yang kalau dibuang begitu saja, sayang...

      Hapus
  6. Balasan
    1. masih belum halus buatannya Mbak. Maklum, isieng otak atik..

      Hapus
  7. Kreatif banget mbak. Ulasannya sangat menarik. Senang sekali dapat berkunjung ke laman web yang satu ini. Ayo kita upgrade ilmu internet marketing, SEO dan berbagai macam optimasi sosial media pelejit omset. Langsung saja kunjungi laman web kami ya. Ada kelas online nya juga lho. Terimakasih ^_^

    BalasHapus
  8. wah wah ternyata mba yang satu ini kreatif sekali.

    terima kasih sudah berbagi

    salam dari Bandung :)

    BalasHapus
  9. pengen nyobak mbk, catet ah, plg mudik bs dicoba nih, tengkiu yak

    BalasHapus
  10. Balasan
    1. hehehe, daripada nganggur, lebih baik tangan bekerja :)

      Hapus

Hai.., Terima kasih sudah mau baca tulisanku. Jika berkenan, beri komentar ya. Setiap komentar insha Allah pasti dibalas, kecuali yang nyepam dan SARA ya. Komentar anda, membantu banget buat perbaikan Blog ini. Salam, Rebellina :)

badge