Selasa, 02 Desember 2014

Resep Bekal Untuk Anak : Kroket Sayuran


Kroket Sayuran ini mudah banget buatnya. Hanya butuh mempersiapkan bahan dan waktu. Enggak begitu ribet prosesnya, dan bahan-bahannya pun mudah ditemui di warung. Satu hal lagi, kroket sayuran ini menu ampuh untuk anak-anak yang kurang menyukai sayur. Karena kandungan sayurnya banyak, hanya tersembunyi dalam balutan adonan yang creamy. Simak yuk bahan-bahan dan cara membuatnya

Bahan:
100 gr wortel, potong kotak kecil-kecil
100 gr kentang, potong kotak kecil-kecil
100 gr buncis. Potong bulat tipis
25 gr margarin
½ bawang bombay sedang, iris tipis
3 siung bawang putih, geprak, potong halus
75 gr tepung terigu
350 cc kaldu
Garam,gula,merica,pala secukupnya.

Bahan pelapis:
1 btr telur ayam, kocok lepas
100 gr tepung panir

Cara Membuat:
  1. Rebus seluruh sayuran (wortel,kentang,buncis), atau kukus. Lebih baik dikukus,selain nutrisi yang terkandung tidak banyak yag hilang, warna sayurannya  juga lebih cantik.
  2. Panaskan margarin, tumis bawang putih dan bombay sampai harum dan layu. Masukkan tepung terigu, aduk rata.
  3. Tambahkan kaldu/air/susu sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga licin. Masukkan sayuran. Beri gula,garam,merica,pala secukupnya.  Rasakan sedikit untuk menyesuaikan selera. Aduk rata,lalu angkat
  4. Setelah agak dingin, bentuk bulat panjang. Masukkan dalam telur kocok, lalu gulingkan di atas tepung panir. Ulangi sekali lagi
  5. Goreng dalam minyak panas dengan api sedang hingga kuning keemasan. Angkat dan sajikan

Hasil jadi :  kurang lebih 20 buah
Tingkat kesulitan : Mudah

Kroket sayuran ini selain sehat,juga cukup mengenyangkan untuk anak-anak. Sebagai bekal bisa ditambahkan pula saus tomat,cabe, atau mayones bila anak suka.
www.rebellinasanty.blogspot.com
kroket sayuran, yang ini ada tambahan potongan tahu

Tips:
  • Sayuran bisa diganti dengan jenis lain semisal jagung manis dan kacang polong,
  • Untuk anak yang sama sekali tidak menyukai sayuran, bisa ditambahkan bahan kesukaan anak, sebagai pengalih perhatian dari isi sayurannya. Misalnya, potongan keju, atau daging ayam/udang
  • Kaldu bisa diganti dengan air biasa, atau susu cair dengan takaran yang sama. Susu cair bisa diperoleh dari susu bubuk yang dicairkan dengan air hangat, atau bila sedang tidak ada, dengan susu skm putih yang dicairkan dengan air hingga mencapai takaran.
  • Pala, bisa di skip penggunaannya
  • Bekal anak ini bisa tahan di dalam lemari pendingin selama 2 hari bila ditempatkan dalam wadah kering yang tertutup rapat. Biarkan sejenak dalam suhu ruang (kurang lebih 15 menit) sebelum di goreng.


Selamat mencoba



4 komentar:

  1. makasih Mba postingannya. saya ijin pakai buat dibagikan ke Ibu2 PKK ya

    BalasHapus
  2. Sayurannya tidak kelihatan, ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sayuran hijaunya (buncis) tidak kelihatan, karena di gambar itu sayur buncisnya sedikit. banyakan kentang dan wortel :)

      Hapus

Hai.., Terima kasih sudah mau baca tulisanku. Jika berkenan, beri komentar ya. Setiap komentar insha Allah pasti dibalas, kecuali yang nyepam dan SARA ya. Komentar anda, membantu banget buat perbaikan Blog ini. Salam, Rebellina :)

badge