Kamis, 25 Desember 2014

Bola-Bola Wijen Rekah

www.rebellinasanty.blogspot.com
bola-bola wijen rekah, foto koleksi pribadi Rebellina
Ngumpul bareng di saat liburan, kurang lengkap kalau enggak ada yang dikunyah-kunyah. Dasar Mak tukang ngemil, beginilah jadinya, hehehe. Kapan aja, selalu butuh cemilan sebagai pelengkap kebersamaan keluarga. Dan entah mengapa, saya tuh sukanya ngemil buatan sendiri. Salah satu cemilan favorit saya ini, bola-bola wijen rekah. Saya tambahin rekah dibelakangnya, karena ketika digoreng, hasil jadinya merekah (retak).

Enaknya bikin cemilan yang satu ini adalah tidak terlalu tergantung lengkapnya bahan. Prinsip saya, kalau ada satu-dua bahan yang kurang, skip aja, atau ganti dengan yang lain. Begitu pula dengan resep yang satu ini. Susah nemukan wijen? Abaikan saja. Hanya saja nanti namanya bola-bola rekah, enggak pakai kata ‘wijen’. Kurang manis, tambahi gulanya. Walau menurut saya, takaran 100 gr itu cukup pas.

 Ok, langsung aja, bahan dan cara pembuatannya.

Bahan:
100 gr gula halus (kalau tidak ada, bisa diganti dengan gula pasir biasa, blender sebentar)
25 gr mentega
2 btr telur
300 gr terigu protein rendah, misalnya lencana merah
Sejumput garam
1 sdt baking powder
100 gr wijen putih
Air secukupnya
Minyak untuk menggoreng

Cara Membuat:
Kocok mentega dan gula sampai rata. Masukkan telur satu persatu , kocok terus sampai adonan kental dan putih. Matikan mixer.
Masukkan terigu yang telah diayak bersama baking powder sedikit demi sedikit. Aduk rata dengan spatula.
Ambil sejumput adonan. Bentuk bulat sebesar kelereng. Celupkan dalam air, lalu gulingkan secara merata dalam wijen. Sisihkan
Goreng bola-bola wijen dengan minyak hangat sampai mengapung. Bila sudah mengapung, besarkan apinya sedikit. Goreng sampai berwara kuning kecoklatan.

Santap selagi hangat.

Tips:
Jangan tergantung pada ketersediaan bahan. Akali ketiadaan bahan dengan eksperimen. Kalau perlu tambahkan salah satu bahan kesukaan anak-anak, namun kurangi terigunya. Bisa ditambahkan keju parut seberat 50 gr, namun kurangi terigu sejumlah berat yang sama dengan bahan tambahan. Keju parut bisa diganti dengan bubuk kelapa kering, atau juga coco chip yang dimasukkan dalam bulatan adonan sebelum digoreng.

Rebellina





2 komentar:

  1. Kalau di tempatku namanya onde-onde ketawa Bu. Soalnya merekah kaya orang ketawa :D

    BalasHapus
  2. biar keren dan tampil beda, onde-ondenya jadi bola wijen rekah, hahaha :)

    BalasHapus

Hai.., Terima kasih sudah mau baca tulisanku. Jika berkenan, beri komentar ya. Setiap komentar insha Allah pasti dibalas, kecuali yang nyepam dan SARA ya. Komentar anda, membantu banget buat perbaikan Blog ini. Salam, Rebellina :)

badge