Sabtu, 27 Desember 2014

Dapatkan Anda Memecahkan Tulisan Rahasia Ini?

 Salah satu permainan yang saya sukai saat sekolah dulu adalah bermain dengan surat rahasia. Terinspirasi dari buku-buku detektif yang saya baca, semisal Sherlock Holmes, saya pun kerap membuat tulisan rahasia sendiri. Tulisan yang saya buat berupa surat, lalu saya berikan kepada teman. Teman saya akan berusaha memecahkan tulisan rahasia itu, dan menjawabnya. Seru bukan?

Kali ini saya pun ingin kembali mengurai kenangan lama tersebut di blog. Ini bisa menjadi inspirasi permainan yang bisa dilakukan di rumah bersama anak-anak. Nikmati keseruan saat mereka mencoba memecahkan isi surat rahasia, dan menemukan hadiah sebagai kejutannya. Namun sebelum mencobanya kepada ananda, mampukah kamu memecahkan isi tulisan surat rahasia yang sangat sederhana saya ini?

Ini suratnya:
Petunjuk : Saya penyuka bilangan prima, terutama  bilangan prima genap.


Ibmp Ufnbot…

Cfsnbjo tvsbu sbibtjb juv nfozfobohlbo mpi. Tbzb tvlb nfnbjolboozb cfstbnb bobl-bobl.
Qfsnbjobo tvsbu sbibtjb juv nfsbohtboh jnbkjobtj bobl. Lbebohlbmb tbzb nfohhvoblbo tvsbu sbibtjb wfstj tbzb tfoejsj. Obnvo tftflbmj tbzb nfohhvoblbo tboej npstf. Pnpoh-pnpoh ufouboh tboej npstf, tvebi tbohbu kbsboh beb zboh nbv nfovmjtlboozb zb?


Pi zb, ujebl beb ibejbi cbhj zboh nbnqv nfnfdbilbo jtj tvsbu sbibtjb joj. Qptujohbo joj ibozb vouvl tfoboh-tfoboh tbkb. Uvmjtlbo  ej lpmpn lpnfoubs cjmb lbnv tvebi cjtb nfnfdbilboozb.


Tbmbn
Sfcfmmjob


8 komentar:

  1. waduuh... kalo saya blm pernah bermain seperti ini mba, pusing juga ya hehehe....

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe, awalnya memang terlihat susah. tapi kalau sudah dapat kuncinya, mudah kok. clue nya itu di kata prima genap, yakni angka 2. berarti abjad pertama ditulis /ganti dengan abjad ke dua . begitu seterusnya :). Mau coba lagi?

      Hapus
  2. biasanya kan bila ingin memecahkan sebuah kode-kode sandi atau sejenisnya, disan sudah terdapat clue sebagai dasar tujuan apa kode sandi tersebut dibuat, kalau ini tentang apa, begitu.?
    karena saya juga suka tantangan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ah kalau ini surat biasa aja mbak. buat fun aja. kalau untuk anak, biasanya di surat ini diberi tahu tempat penyimpanan hadiah buat mereka. kalau surat yang diatas, hanya surat biasa :)

      Hapus
  3. halo mba rebellina... eh, halo temans... ^_^
    itu kalimat awalnya.
    kalimat kedua dst, terjemahin sendiri, hihi. panjaaaaangng :D

    BalasHapus
  4. Salam
    Rebellina
    :D
    saya nerjemahin yang paling akhir aja dehhh :D

    BalasHapus

Hai.., Terima kasih sudah mau baca tulisanku. Jika berkenan, beri komentar ya. Setiap komentar insha Allah pasti dibalas, kecuali yang nyepam dan SARA ya. Komentar anda, membantu banget buat perbaikan Blog ini. Salam, Rebellina :)

badge