Selasa, 30 Desember 2014

Pastel Puff Isi Ragout Ayam Jamur Ala Bunda

www.rebellinasanty.blogspot.com
pastel puff, foto koleksi pribadi Rebellina
Pastel ini beda loh. Kulitnya mirip pastry, karena dalam pembuatan kulitnya mengadopsi pembuatan kulit pastry. Hanya tidak seperti adonan puff pastry yang selesai digiling-lipat, harus disimpan di kulkas dulu, adonan pastel puff ini hanya digiling 3-4 kali dengan teknik lipat yang sama, baru kemudian di simpan di kulkas, sebelum digunakan. Butuh kehati-hatian saat menggorengnya, karena lapisannya gampang terurai.
Untuk isi pastel puff ini , saya suka gunakan ragout sayuran yang kadang ditambah ayam atau udang. Namun kali ini berhubung saya dapat jamur kuping segar di pasar, saya tambahkan jamur ke dalam bahan ragout.  Kalau jamur kuping segar sukar di dapat, bisa beli yang kering. Atau di skip dan diganti dengan jamur jenis lain juga tidak apa-apa.
Langsung aja bahan dan cara pembuatannya di bawah ini:

Bahan I.
300 gr terigu protein sedang
60 gr mentega
2 sdm gula pasir
1sdm garam

Bahan II
200 gr terigu protein sedang
100 gr mentega putih
50 ml air es

1 putih telur untuk merekatkan
Minyak untuk menggoreng.


Cara Membuat Kulit Paste Puff

Aduk rata bahan A. Uleni sampai kalis. Sisihkan dalam wadah yang ditutupi serbet lembab. Diamkan 20 menit
Aduk rata bahan B. sisihkan dalam wadah yang ditutup serbet lembab. Diamkan 20 menit

Giling adonan A berbentuk persegi. Giling adonan B diantara 2 lapisan plastik, berbentuk persegi yang lebih kecil dari adonan A. Letakkan adonan B di atas adonan A. Lipat hingga adonan B tertutup seluruhnya, lalu giling kembali.  Lakukan lipat-giling hingga 3-4 kali.(cara melipat adonan, , lihat postingan adonan dasar puff pastry berlapis-lapis).

Terakhir, oleskan putih telur pada permukaan adonan yang telah digiling persegi panjang. Gulung hingga padat. Bungkus dengan kertas roti atau plastik. Simpan dalam kulkas selama 20 menit.

Keluarkan dari kulkas. Potong-potong sesuai selera (kalau ingin pastel puff ukuran besar, potong dengan ukuran tebal 2 cm. Kalau saya, ukuran sedang, dengan ukuran 1 cm).
Giling potongan adonan. Jangan terlalu ditekan, secukupnya saja hingga adonan melebar dan bisa diberi isian.
Isi dengan adonan isi, dan bentuk seperti pastel.
Goreng dalam minyak hangat, dengan api kecil, hingga pastel puff matang dan kering.
Angkat dan tiriskan. Hidangkan hangat.

Tips:
Kalau kerepotan dalam membentuk pilinan pinggir untuk adonan pastel,gunakan gunting bersih untuk memotong pinggiran pastel. Gunting menyerong membentuk helaian daun.

Bila membuat dalam jumlah besar, goreng adonan ½ matang. Tiriskan dan dinginkan. Tempatkan dalam wadah tertutup rapat. Simpan dalam kulkas. Bila ingin digunakan, keluarkan dan biarkan dalam suhu ruang selama 15 menit. Goreng kembali dalam minyak hangat dan api kecil hingga matang dan kering.







2 komentar:

  1. pastelnya unik juga...kulit pastelnya hampir mirip dengan pastel ala makassar yang namanya Jalangkote'.....,
    keep happy blogging always...salam dari Makassar :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh ya? Nanti saya coba cario tahu lebih jauh tentang Jalangkote. makasih ya udah mampir dani nfonya

      Hapus

Hai.., Terima kasih sudah mau baca tulisanku. Jika berkenan, beri komentar ya. Setiap komentar insha Allah pasti dibalas, kecuali yang nyepam dan SARA ya. Komentar anda, membantu banget buat perbaikan Blog ini. Salam, Rebellina :)

badge