Kamis, 15 Januari 2015

Tips Seputar Dapur, Solusi Cepat Saat Darurat

Tips Seputar Dapur, Solusi Cepat Saat Darurat

Mau masak, tiba-tiba mendapatkan panci atau wajan bocor. Duh…, enggak mungkin banget harus ke pasar dulu buat beli pancai lalu masak. Gimana mengatasinya?
Saya ada solusi cepat mengatasi hal tersebut. Terbukti karena dipraktekkan sendiri. Apa saja tips-tips yang ingin saya bagi di blog ini?
Cekidot:

Tips mengatasi wajan/panci bocor
www.rebellinasanty.blogspot.com
foto dari hasbicth.com
Ambil sepotong kunyit yang sudah tua, kalau bisa induk kunyit yang biasa dibuat jamu. Potong. Oleskan kunyit tua tersebut pada tempat bocor yang ada dipanci atau wajan. Oleskan beberapa kali sampai getah kunyit menutup lubang bocor tersebut.  Wajan atau panci siap digunakan kembali. Tips ini hanya berguna buat sekali pakai alias darurat. Kalau mau pakai lagi, ulangi lagi prosesnya.

Catatan: bocornya bukan besar ya. Kalau bocornya besar, terpaksa harus di patri atau beli baru :)




www.rebellinasanty.blogspot.com
foto dari : produknaturalnusantara.com

Tips membersihkan ikan lele, belut atau ikan air tawar lainnya
Biasanya kalau membeli ikan air  tawar, kita pasti membelinya dalam keadaan hidup. Butuh keberanian untuk mematikan ikan ini sebelum dimasak. Kadangkala tidak sabar menunggu penjualnya melakukan hal tersebut, karena memakan waktu. Saya punya kiat jitu agar ikan mudah dimatikan, sekaligus mudah membersihkannya.

Caranya, tempatkan ikan air tawar hidup dalam wadah yang bisa ditutup. Beri segenggam garam dalam wadah tersebut,tutup agar ikan tidak melompat keluar. Lalu tunggu sekitar ½ jam. ½ jam kemudian ikan sudah dalam keadaan mati, dan sangat mudah membersihkan lendirnya, karena sudah diberi garam sebelumnya.  Mudah bukan?

www.rebellinasanty.blogspot.com
foto: fungi-futures.co.uk
Tips Mengatasi  bau amis pada tangan dan bau pada lemari pendingin
Selain perasan air jeruk nipis, ternyata bubuk kopi bekas bisa membuat tangan bebas bau amis, bahkan jadi lembut. Remas-remas bubuk kopi bekas pakai, gosokkan menyeluruh ke telapak tangan. Bersihkan dengan air. Lihat hasilnya, pasti harum dan tangan lebih lembut.

Sedangkan untuk mengatasi bau tidak enak pada lemari pendingin adalah dengan menempatkan  bubuk kopi di wadah kecil. Letakkan di salah satu rak dalam lemari pendingin. Kopi akan menyerap bau tidak enak pada lemari pendingin. Ganti bubuk kopi setiap 2 hari sekali. Namun yang penting, bersihkan lemari pendinginnya juga agar bebas bakteri penyebab bau.


www.rebellinasanty.blogspot.com
kulit nanas, foto: healthylifedeals.com

Tips Mencerahkan peralatan makan dari kaca
Gelas atau piring dari kaca kalau sudah dipakai lama, akan terlihat kusam. Jangan khawatir. Ada cara membuat peralatan makan tersebut menjadi cerah kembali. Gunakan bagian potongan buah dari  kulit nanas. Gosokkan ke bagian peralatan makan tersebut secara menyeluruh.  Cuci bersih seperti biasa. Lihat hasilnya. Kinclong :0




Tips mengusir semut
www.rebellinasanty.blogspot.com
foto dari sini
Suka jengkel dengan banyaknya semut di rumah yang lumayan mengganggu. Lebih baik tidak usah mengunakan kapur pengusir semut. Berbahaya buat diri kita dan anak-anak juga. Gunakan cara almi, yakni taburkan beberapa butir cengkeh di sekitar tempat semut berkumpul atau melintas. Semut tidak akan mendekati tempat tersebut. 

Sulit menemukan cengkeh? Gunakan pelembut pakaian yang akan di setrika. Semprotkan di tempat semut biasa berkumpul atau melintas. Selain semutnya kabur, ruangannya juga jadi wangi :)



Mudah bukan Tips-tipsnya?

Selamat mencoba 



18 komentar:

  1. wah tips pengusir semutnya boleh tuh dicoba.. lagi sebel banget sama semut di rumah yang banyaakk banget :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. musim hujan biasanya banyak semut bermigrasi Mak. Cari tempat yang hangat dianya :)

      Hapus
  2. makasiiiih tipsnya...kulkas kalo blm sempet diberihin suka bau..:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul. bikin jadi enggak semangat mau ngambil makanan :)

      Hapus
  3. yang menghilangkan bau amis... pakai kopi boleh, kopi instant...heheee *enggak punya kopi. TFS Mak

    BalasHapus
    Balasan
    1. kopi instan ada bubuknya? kalau enggak ada, ya enggak bisa :)

      Hapus
  4. Makasih tips-nya, Mbak Praktis.

    ira
    www.dbento.com

    BalasHapus
  5. Benar-benar natural dan sederhana, mungkin ini sumbernya dari buku catatan milik Mac Gyver

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang pasti sumbernya dari pengalaman pribadi. Kalau Mc Gyver masih tayang, barangkali dia akan tiru cara saya, hahahaha

      Hapus
  6. Makasih tips nya mbak....rumah saya dekat kebun, jadi banyak koleksi semutnya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau semut kebun, sepertinya cara diatras enggak akan efektif, mbak. semut kebun bisa disiram dengan air timun. itu yang pernah saya baca

      Hapus
  7. Menambal panci bocor bisa pake kunyit? Wah, baru tahu. Kalau ketemu panci bocor, dicobah, ah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. asal bocornya halus bu. ini sih pengalaman pribadi. mana tahu ibu punya cara lain yang lebih joss. ayo dibagi

      Hapus
  8. Tipsnya oke, dan blognya makin cantik,kepengin berguru mba

    BalasHapus
  9. ,aaksihmbak. boleh aja. tapi waktunya belum ketemu yang pas untuk bertemu :)

    BalasHapus

Hai.., Terima kasih sudah mau baca tulisanku. Jika berkenan, beri komentar ya. Setiap komentar insha Allah pasti dibalas, kecuali yang nyepam dan SARA ya. Komentar anda, membantu banget buat perbaikan Blog ini. Salam, Rebellina :)

badge