Selasa, 06 Januari 2015

Muffin Kopi Moka, Mudah Membuatnya, Enak Disantapnya

www.rebellinasanty.blogspot.com
Add captionMuffin Kopi Moka, foto pribadi Rebellina
Punya anak 4 membuat saya harus pandai-pandai mengatur waktu agar segala hal bisa berjalan sinergi. Salah satunya, ya trik menyediakan cemilan buat keluarga, apa itu makanan ringan atau kue. Jadinya, masih sulit bagi saya kalau untuk bikin cemilan buat anak-anak dan keluarga yang pakai ribet, dan bahannya harus hunting ke supermarket tertentu. Jadi bisa hemat tenaga, hemat uang, dan hemat waktu. Kalau enggak begitu, susah untuk masih bisa mengerjakan hobi yang lain, semisal ngurusin tanaman yang kadang sudah enggak teratur tumbuhnya, gunting-gunting flanel,kardus,biji-bijian, ketika mendampingi anak-anak mengisis waktunya dengan berkreatifitas yang bermanfaat. Atau, ngutak-atik mesin jahit lama, saat pengen bikin sesuatu (yang mudah), dan nulis!


Intinya, membuatkan snack buat keluarga itu harus dengan cinta. Pasti rasanya enak dan semua suka. Walau, dibuat dengan bahan yang mudah didapat. Seperti muffin kopi moka yang satu ini. Buatnya tanpa mixer, jadi enggak perlu ngeluarin mixer tua saya dari tempatnya (Mixer ini udah berumur 15 tahun,masih ampuh). Lalu, bahannya juga gampang banget di cari. Jadi, hanya tinggal kemauan saja untuk membuatnya.

Berikut resep Muffin Kopi Moka ala Bunda

Resep Muffin Kopi Moka

Bahan: terigu 175 gr
Gula 50 gr
Baking powder 2 sdt
Sejumput garam
Telur 1 btr
Margarin 80gr, lelehkan
I bks kopi instant rasa moka
Susu bubuk 3 sdm full
2 sdm susu kental manis coklat
75 ml air panas
110 ml air.

Cara:
Ayak terigu + baking powder, + garam, aduk rata, sisihkan
Masukkan susu bubuk +kopi moka + gula + susu kental manis coklat dalam satu wadah, larutkan dengan air panas sebanyak 75 ml,  aduk sampai larut. Lalu tambahkan dengan air + dengan sisa air  Campurkan dengan telur yang sudah dikocok  lepas. Tambahkan margarin leleh. Aduk rata.
Buat lubang di tengah adonan terigu, masukkan adonan cair sedikit demi sedikit. Aduk rata. Masukkan dalam cup-cup. Isi hanya 3/4nya saja. Panggang sampai matang. Hasil jadi 16 buah.

Mudah bukan?

Tips:
Oh ya, karena pakai kopi instan, suka ada bubuknya. kalau saya suka dengan sensasi bubuk kopi di dalam muffin kopi moka ini. Namun bila kurang suka dengan bubuk kopi, pilih kopi yang tidak menghasilkan bubuk. Atau, larutkan kopi + gula terlebih dahulu. Lalu saring, untuk menyisihkan ampasnya. Air hasil saringan kemudian ditambahkan dengan susu aduk rata. dan setelahnya, cara pembuatannya sama dengan di atas.

Bagi penyuka manis, takaran gula bisa ditambah hingga menjadi 100 gr. Tapi kalau untuk saya, takaran di atas sudah cukup, karena rasa manis didapat dari kopi dan susu kental manis coklat.

Selamat mencoba resep muffin kopi moka:)

Resep lainnya:

19 komentar:

  1. Patut dicoba nih, terima kasih sharingnya. Saya contek ya resepnya..he..he :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. silakan. semoga sukses dengan prakteknya ya :)

      Hapus
  2. Menggiurkan...patut dicobain nih ...kuenya...kalau masaknya saya nyerah duluan hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau kita ketemuan, ntar saya bawain biar bisa nyicip, hehehe

      Hapus
  3. waaahhh gampang ya bikinnya, suka nih yg gampang2 :), yg ga perlu ngeluarin mixer, xixixi

    BalasHapus
    Balasan
    1. yoi Mbak. walau ada mixer, saya juga suka malas kalau mau bikin kue pakai mixer

      Hapus
  4. Maaak, dikukus bisa ngga? belon punya oven

    BalasHapus
  5. jadi pengen muffin mokanya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo, bikin biar kesampain pengennya

      Hapus
  6. Asyik, gak pakai mixer. Aku juga suka bikin kue yg gak pakai ribet, Mbak Ren. ira

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Mbak Ira. apalahgi kalau bahannya sulit-sulit...

      Hapus
  7. ya ampuuun gampang bgt deh kalo mampir ke resepnya mba Shanty. pssst, resep cake tanpa mixernya sdh kubagikan, responnya? ibu2 seneng bgt. aku jd bangga punya tmn mba Shanty :) makasih ya mba ilmunya

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, alhamdulillah, berarti niat berbagi kesampaian. Makasih juga mau mentransfernya ke pada yang lain

      Hapus
  8. wahh, makasih banyak mbaa..aku coba dikukus yaa..doakan akyuu :D

    BalasHapus
  9. sukses kah? bagi ceritanya dong :)

    BalasHapus
  10. Hmm, kayanya enak nih mbak.. nggak taruh di cup boleh kan yaa.. ditaruh loyang aja gitu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh aja Mbak. hanya saja waktu ngovennya agak lama (tergantung ovennya juga sih)

      Hapus

Hai.., Terima kasih sudah mau baca tulisanku. Jika berkenan, beri komentar ya. Setiap komentar insha Allah pasti dibalas, kecuali yang nyepam dan SARA ya. Komentar anda, membantu banget buat perbaikan Blog ini. Salam, Rebellina :)

badge