Senin, 26 Januari 2015

Sus Goreng Isi Keju

www.rebellinasanty.blogspot.com
Sus Goreng Isi Keju, photo pribadi Rebellina


Resep kali ini mudah banget membuatnya. Sama sekali enggak pakai mixer loh. Sudah tahu sendiri deh, saya ini termasuk Mak-mak yang maunya kalau bikin snack atau cemilan buat anak-anak itu yang serba gampang.Gampang bahan-bahannya, gampang pula buatnya.

Baru saja pagi ini saya membuatnya. Disela-sela kalang kabut nyiapin bahan bekal makan siang buat putri sulung saya, saya juga harus nyiapin snack buatnya dan buat Aisyah, yang masih kelas 1 SD. Padahal, enggak punya stok snack. Kalau biasanya saya buat snack itu Hari Sabtu atau Minggu, jadi enggak repot lagi. Tapi cuaca hujan membuat saya enggan ke pasar. Alhasil, enggak punya persediaan bahan yang memadai, kecuali terigu, margarin, dan keju. Masih belum tergambar di kepala mau bikin apa buat bekal snack anak-anak pagi ini...


Tiba-tiba sekelebat ide muncul di kepala. Teringat beberapa waktu lalu, ketika mencoba buat kue sus, namun bantet. waktu dipanggang, ngembang sempurna. Begitu keluar dari oven, ya ampyun..., kempes. Namun rasanya eunak, dan walau gagal secara penampilan, tetap laris di mulut kita-kita. hahaha. Dasar hobby ngemil nih kita-kitanya :). Sisa sus kempes yang tak habis dimakan, saya goreng. Hasilnya mantafff..

Dari situlah ide baru ini berasal. Mengapa tidak bikin sus goreng saja? Dan Aisyah saya suruh beli telur di warung. Pak pik puk sejenak, dan taraa..., Jadilah sus goreng isi keju ini. Rasanya...Lidah anak-anak tidak bisa bohong. "Eunak Bun..Eunak...!"

Mau ikutan coba juga?

Berikut resep  Sus Goreng Isi Keju :

Bahan:
300 ml air kaldu (bisa ganti dengan air biasa)
120 gr margarin
300 gr terigu
merica bubuk, garam, secukupnya
penyedap rasa (optional, kalau sudah pakai air kaldu, tidak perlu)
2 batang seledri, cincang halus
2 butir telur.
150 keju (saya pakai keju Pro*** yang untuk oles). potong kotak dadu
Minyak untuk mengoreng.

Cara Membuat:
Rebus air/kaldu dan margarin hingga margarin cair. Kecilkan api. Masukkan terigu, merica bubuk, garam, dan seledri. Aduk rata dengan spatula kayu hingga adonan kalis dan licin.Angkat dan biarkan adonan sampai agak dingin.

Setelah agak dingin, masukkan telur satu persatu. Aduk hingga rata.Ambil adonan 1 sendok teh. isi keju di tengah. Bulatkan dengan 2 sendok. Goreng dalam minyak yang banyak dan panas hingga matang. Angkat dan tiriskan. Siap disantap hangat, atau jadi bekal snack untuk anak-anak.

Selamat mencoba
Rebellina






8 komentar:

  1. iya asik nih mak buat bekal sekolah anak. lengket ngga waktu dibulat2 kan ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. enggak Mak. bahkan cenderung sedikit berminyak karena ada margarinnya. tapi waktu mencapur telurnya, tunggu adonan agak dingin ya mak, dan harus tercampur rata

      Hapus
  2. Biasa adonan sus agak lembek kan..mknya hrs pk plastik segi tiga..kalo ni lembek g ren...

    BalasHapus
    Balasan
    1. enggak kok Bu. karena jumlah telurnya dikurangi dan terigunya ditambah. karena khussus buat goreng, jadi resep sus asli dimodifikasi

      Hapus
  3. Fotonya bagus Mak, garnisnya cocok, nnn...pasti rasanya enak :)

    BalasHapus
  4. enak-enak- enak :) itu kata anak saya Mak. Gimana kalau kata Mak nanti setlah mencobanya :)

    BalasHapus
  5. mmm masih belum yahud hasilnya sih, tapi lumayan rasanya hehehe... makasih share-nya ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo, kasih masukan mbak, gimaana supaya yahud. biar bisa saya update nih tulisannya. makasih ya sudah ngasih masukannya. senang mengetahui bila yang saya posting membawa manfaat :)

      Hapus

Hai.., Terima kasih sudah mau baca tulisanku. Jika berkenan, beri komentar ya. Setiap komentar insha Allah pasti dibalas, kecuali yang nyepam dan SARA ya. Komentar anda, membantu banget buat perbaikan Blog ini. Salam, Rebellina :)

badge