Jumat, 20 September 2013

Manfaat Sereh Sebagai Minyak Anti Nyamuk

Punya tanaman itu menyenangkan. Apalagi kalau tumbuh subur dan bermanfaat tak hanya bagi penanamnya, tapi juga orang-orang disekelilingnya. Itu yang saya rasakan.

salah satu tanaman koleksi Rebellina: Jambu Mede




www.rebellinasanty.blogspot.com
kunyit organik: koleksi Rebellina
Ada beberapa tanaman yang bisa diklasifikasikan sebagai tanaman obat yang saya tanam di halaman saya. Ada yang di dalam pot, polibag, atau di tanahnya langsung. Mulai dari bumbu dapur seperti jahe,kunyit,kencur,lengkuas, salam, daun jeruk, dan sereh. Di luar itu berupa tanaman buah dan tanaman hias.

Salah satu tanaman yang tumbuh subur di halaman adalah sereh. Tanaman yang semula cuma beberapa rumpun itu, kini sudah membiak subur. Batangnya besar-besar dan gemuk. Walau hampir setiap hari saya ambil untuk dijadikan pelengkap masak, sereh itu semakin subur saja. Karenanya, saya ingin memanfaatkan sereh yang berlimpah itu untuk menjadi sesuatu yang lain.

www.rebellinasanty.blogspot.com
sereh organik, koleksi Rebellina
Saya pernah lihat salah satu tayangan tv bahwa sereh bisa mengusir nyamuk. Cari-cari data di internet akhirnya ketemua cara destilasi sereh agar diperoleh minyak atsiri untuk bahan dasar kosmetik dan juga bahan pengusir nyamuk ini. Tapi proses destilasinya itu lho. Untuk ukuran ibu rumah tangga, apa lagi proyek coba-coba, kayaknya enggak deh. Ya sudah, saya putuskan untuk bereksperimen sendiri membuat minyak sereh dengan cara lain.

www.rebellinasanty.blogspot.com
batang sereh. foto: koleksi rebellina
Caranya : Sediakan  50 batang sereh yang besar-besar, buang bagian daunnya, sisakan bagian putihnya saja. Cuci bersih, lalu geprek dan potong kecil-kecil. Dengan minyak sayur sebanyak 250 ml, sereh yang sudah dipotong kecil-kecil dimasukkan ke dalamnya. Tambahkan beberapa butir  biji cengkeh.  Kalau rajin sih lebih baik biji cengkeh dan serehnya di blender halus. Jerang di atas api yang paling kecil sekali. Tutup rapat. Kira-kira setelah 1 ,5 jam, angkat. Biarkan dingin. Lalu saring minyak untuk membersihkannya dari ampas sereh.  Minyak yang telah disaring itu bisa dimasukkan ke dalam botol. Kalau saya menggunakan botol bekas minyak gosok.

Hasil minyak sereh dari menggoreng batang sereh itu ternyata sangat ampuh untuk mengusir nyamuk. Memang durasi daya ampuhnya tidak seperti lotion anti nyamuk yang banyak dijual, tetapi paling tidak aman bagi kulit, apalagi kulit anak-anak. Tak hanya itu. Minyak sereh buatan saya ini ternyata disukai anak-anak. Baunya harum, kata mereka. Mereka tak keberatan saat sebelum tidur saya olesi tubuh mereka dengan minyak ini. Begitu juga untuk membantu melemaskan badan saat memijit, minyak sereh buatan sendiri ini sangat terasa menolong. Baunya yang harum seperti aroma minyak terapi. Menyegarkan dan sekaligus menenangkan. Belum lagi rasa hangatnya yang pas.

Jadi, kalau ada sereh tumbuh lebat di halaman rumah kita, coba manfaatkan menjadi minyak sereh multi fungsi ini. Tidak repot membuatnya, namun banyak gunanya. Silahkan mencoba.

Tulisan ini pernah di postkan di http://rebellinapassy.blogdetik.com/2013/08/23/memanfaatkan-sereh-sebagai-minyak-anti-nyamuk/

15 komentar:

  1. WAH-WAH, PRAKTEK AH MBAK...
    BAGUS ITU aku coba

    BalasHapus
    Balasan
    1. selain bermanfaat, pastinya aman karena tidak memakai bahan kimia

      Hapus
  2. Mantep... Mbak saya baru nanem sereh dari bibit. Sekarang sudah mulai tumbuh dan tingginya dah lebih dari 10 cm. Saya ingin memindahkannya ke pot lebih besar. Sudah amankah, Mbak? mengingat batangnya masih kecil? Terima kasih sebelumnya.. ira

    BalasHapus
    Balasan
    1. pengalaman sih mbak, sereh bisa tumbuh di pot besar. waktu itu saya pakai polibag, dan tumbuh subur. kalau bisa medianya di campur pasir dan porous ya mbak. pasti batang-batangnya gemuk nantinya. oh ya, kalau di pindah ke pot, tempatkan dulu di tempatyangteduh selama 1 minggu untuk beradaptasi. setelah serehnya ditempatkan di tempatyg full matahari. lebih cepat tumbuhnya dan besar-besar batangna

      Hapus
  3. Faktor matahari itu yang sudah ditebak di sini, Mbak. Dua mingguan ini, mataharinya sembunyi mulu. Kalau musim dingin biasanya makin jarang disapa mentari. Sekarang hampir semua tanaman sudah saya pindahkan ke teras tertutup tapi sekitarnya kaca, sehingga ruangannya masih kena cahaya matahari. Kalau darurat terlalu dingin rencana saya masukkan ke dalam rumah semua. Sayang banget klo sampai mati. :) Makasih sarannya, ya Mbak... in shaa Allah tahun depan kami mau lebih serius jadi petani organik... :) ira

    BalasHapus
    Balasan
    1. konsepnya seperti green house ya Mbak Ira. (pengen punya green house, heheh. Someday, I'm Sure). sereh masih bisa kok tumbuh dengan sinar matahari yang tidak sepenuhnya. tapi hasilnya emang beda. batangnya agak kecil, dibanding yang full sun. mungkin salah satu cara yang bisa dipakai untuk menggemukan batang dalam kondisi spt itu adalah mengurangi anakan.

      Hapus
    2. iya, Mbak seperti green house gitu. Kalau orang sini menyebutnya winter garten atau kebun musim dingin. Makasih tips-nya ya Mbak... Saya ada masalah satu lagi, Mbak. Tanaman sawi saya banyak ulatnya. udah diambilin manual satu persatu, selalu saja ulat ini muncul lagi, muncul, sampai ampir abis daun sawi saya. Mbak Rebellinya ada tips agar tanaman seperti ini tak digerogoti ulat? Makasih sebelumnya..ira

      Hapus
    3. ulat yang mana nih mbak? ulat keong? kalau keong, cara alami untuk membasminya saya pernah baca adalah dengan menaburkan terigu di daun-daun tanaman/sayur. atau cara lain adalah dengan menyemprotkan pestisida alami (nanti akan coba saya tuliskan ttg ini secara terpisah). mungkin awalnya dengan rendaman daun pepaya yang dicampur dengan bawang putih. itu lumayan membantu. semoga bisa bermanfaat ya

      Hapus
    4. Ulat kecil2 warna hijau, Mbak. Panjangnya kira2 1 cm. Di sini sebenarnya ada pestisida organik. Tapi suami tak mengizinkan membeli. Terima kasih ya, Mbak...

      Hapus
  4. mbak, bikin yang banyak dong minyak serehnya.. arin mau.. hehe.. :)

    BalasHapus
  5. Ohh..ada juga ya Mba sereh organik.. Mantap tuh tips cara membuat ramuan pengusir nyamuk berbahan sereh.. Murah meriah dan aman bagi kesehatan krn tdk mengandung obat kimia ya Mba..

    BalasHapus
    Balasan
    1. dikatakan organik, karena pupuknya enggak pakai bahan kimia Mbak Rita. pupuk organik asli, buatan sendiri. jadi aman buat jangka panjang :)

      Hapus

Hai.., Terima kasih sudah mau baca tulisanku. Jika berkenan, beri komentar ya. Setiap komentar insha Allah pasti dibalas, kecuali yang nyepam dan SARA ya. Komentar anda, membantu banget buat perbaikan Blog ini. Salam, Rebellina :)

badge