Selasa, 02 September 2014

Roti Lipat Isi Keju Ala Bunda


Roti ini sederhana buatnya. Enggak pakai ribet. Resep aslinya sih lihat dari detikfood.com. Nama aslinya adalah Dobladitas. Lucu ya. Asalnya dari Chili, Amerika  Selatan. Di sana, roti ini disajikan sebagai kudapan, peneman minum kopi atau teh.

Nama Dobladitas agak sulit sih diucapkan  walau unik. Dan resep aslinya dobladitas ini tanpa isi. Cuma dipoles butter saja saat masih hangat dan siap santap. Oh ya, dobladitas ini enak disantap saat hangat.
Karena menurut saya hasil rotinya kurang nendang kalau enggak pakai isian, maka saya modifikasilah resepnya. Diberi isian keju dan kasih nama jadi roti lipat isi keju. Karena memang bentuknya dilipat seperti kipas.

Dan benar saja, anak-anak suka banget dengan roti lipat pakai isi ini. Dimakan saat tidak hangat lagi pun  mereka tetap suka, walau saja memang nyantap roti itu enaknya hangat-hangat, ditemani susu coklat panas, kopi atau the. Kalau pilihan saya sih, teuteup.., Kopi!

Oh ya, pembuatan roti ini aslinya sih sampai elastis saat menguleninya. Namun karena tenaga saya terbatas, saya pilih cukuplah sampai kalis. Jadinya seratnya masih kasar. Namun hasilnya tetap enak kok.
Mau coba?
Ini resep aslinya yang saya modifikasi:

Bahan-bahan:
500 gr terigu protein tinggi (saya pakai Cak**)
1 sendok teh ragi instan
1 sendok makan gula pasir
200 ml susu cair (kalau enggak ada susu cair, saya suka pakai skm, dicairkan pakai air matang, atau susu bubuk + air matang. takaran sih, kira-kira, yang penting enggak terlalu kental dan tidak terlalu encer, dan hasil jadinya 200 ml)
50 gr mentega, cairkan dengan api kecil
1 sendok makan baking powder
1 sendok the garam

Untuk isi:
50 gr keju parut
Susu kental manis secukupnya buat olesan


Cara membuat
1.     Aduk rata tepung terigu, ragi instan, gula pasir, dan baking powder.
2.       Tuang susu cair. Uleni hingga kalis.
3.       Masukkan mentega cair dan garam. Uleni sampai elastis. Diamkan 25 menit. Kempiskan adonan.
4.       Timbang adonan 20 gram. Bulatkan. Pipihkan adonan hingga berbentuk bulat.
5.       Oles dengan susu kental manis, beri taburan keju di atasnya.
6.       Lipat adonan setengah lingkaran. Oles lagi dengan susu kental manis, beri taburan keju secukupnya. Lipat dua kembali sehingga berbentuk segitiga. Tusuk-tusuk dengan garpu. Diamkan 10 menit. Letakkan diloyang yang dioles margarin.
7.       Oven sampai matang.
www.rebellinasanty.blogspot.com
Roti Lipat Isi Keju Ala Bunda


Nah, hasil jadinya lumayan banyak kok. Kalau enggak suka keju, isinya silahkan aja modifikasi sesuai selera. 
Siap santap deh roti lipat isi kejunya, ditemani kopi atau the hangat, plus sambil ngumpul-ngumpul keluarga. Selamat mencoba



23 komentar:

  1. gampang ya mba.
    sayang ga punya oven :)

    BalasHapus
  2. bentuknya lucu hihihi, kalau di bikin lebih besar mungkin bisa di jadikan kipas beneran mbak hehe......

    BalasHapus
    Balasan
    1. kayaknya perlu dicoba juga, mengingat bogor makin panas dan butuh kipas, heheheh

      Hapus
  3. Jadi pengen nyobain resepnya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. mudah kok, bahannya juga enggak rempong nyarinya

      Hapus
  4. Kayaknya enak, mbak.
    tp suka males nih bikin adonannya..hhee

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah, kok sama. kalau saya, nguleninya. bikin lengan pegel, hehehe

      Hapus
  5. Bentuknya lucu bgt mbak..enyak tuh kyanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau kata anak-anak dan suami, ya enak dan ringan. apa lagi buat teman ngeteh dan ngopi.

      Hapus
  6. Bentuknya lucu bgt ya mbak... enyak jg kayanya

    BalasHapus
  7. wah kenapa berpikir "membagi resep di blog bukan karena jago ngolah resep?" tidak ada yang berpikir seperti itu mbak, santai aja .. berbagi itu bagus kok..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe, kadang minder San lihat blog masak-masak teman yang lain. futunya cantik-cantik. kalau foto masakanku, hihihi.. Harus bnyak belajar food photograpy nih

      Hapus
  8. Kelihatan mengenyangkan bgt y mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak. kadang saya bikin untuk sarapan pagi

      Hapus
  9. sepertinya mudah dan enak :)

    BalasHapus
  10. Sip! dikasih tau hasil encernya seberapa mili, krn saya nggak pernah bikin roti. Sangat membantu sekali. Terimakasih sedekah resepnya yaa..:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama. bikin roti gampang kok, yang susah nguleninya, hahaha

      Hapus
  11. anak-anak pastiii suka ya maaak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Mak. Semua anak-anak suka. mungkin karena isinya itu, gurih-gurih manis. kalau aslinya dobladitas khan tanpa isi

      Hapus
  12. asiiik bunda,,,,
    pengen coba juga,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba dong.., bikin variasi lain, lalu di sharing, biar saya bisa coba juga, hehehe

      Hapus

Hai.., Terima kasih sudah mau baca tulisanku. Jika berkenan, beri komentar ya. Setiap komentar insha Allah pasti dibalas, kecuali yang nyepam dan SARA ya. Komentar anda, membantu banget buat perbaikan Blog ini. Salam, Rebellina :)

badge