Minggu, 07 September 2014

Fokus, Fokus, Dan Fokus!

www.rebellinasanty.blogspot.com
sumber:credit
Ngeblog itu mengasyikkan buat saya. Entahlah, walau berniat ingin membuat tulisan yang bisa dikirim ke media, kok rasanya saya lebih merasa bebas saat menulis untuk ngisi blog saya. Kalau ngisi blog itu, seperti tanpa beban. Apa aja bisa ditulis, walau masih menjaga mana-mana yang harus direm, agar tidak kebablasan. Biasanya ini tulisan yang bersifat curhat sih. Nah, gegara suka ngeblog ini, apalagi waktu maruk-maruknya, tangan jadi kegatelan pengen ngeblog dengan aneka tema. Tematik gitu lho, ceritanya.

 Jadilah, over kreatifitas itu menghasilkan beberapa blog. Namun ternyata, punya banyak blog menyulitkan saya. Niat semula membuat banyak blog agar saya aktif menulis secara tematik, ternyata tidak semudah yang saya pikirkan semula. Alhasil, dari beberapa blog yang saya punya, hanya satu yang bener-bener aktif saat ini, yakni www.rebellinasanty.blogspot.com. Di blog ini saya nulis tanpa beban, terutama opini  saya terhadap berbagai hal. Dan ini blog pertama yang saya punya, dimulai dari belajar ngeblog dari nol, utak atik, sampai jatuh cinta dengan ngeblog dimulai dari blog ini.


Blog lainnya yang saya punya adalah www.dunia-lain-rebellina.blogspot.com. Kalau blog yang ini isinya seputar pengalaman pribadi terkait hal-hal yang tidak biasa. Banyak kisah yang ingin saya tuliskan di sini. Tapi akhir-akhir ini saya memilih mendiamkan dulu blog ini sementara waktu. Khawatir apa yang saya tuliskan ini bertentangan dengan keyakinan, dengan kata lain, apakah pengalaman pribadi itu enggak usah ditulis buat publik? Atau lebih baik buat buku aja. Gitu kali ya? Hmmm…(just another …)

Terkadang timbul keinginan narsis untuk menuliskan cerita tentang keluarga saya, kisah anak-anak, dan foto-foto mereka. Maksudnya sih untuk bisa dijadikan kenangan . Namun saya agak khawatir, berhubung banyak sekali penyalahgunaan foto-foto yang kita unggah di blog oleh orang lain yang tidak bertanggung jawab. Begitu juga kalau yang kita tulis jadi menimbulkan kesan pamer, padahal maksudnya sih tidak begitu. Jadinya ngisi blog ini serba nanggung, enggak bebas, karena hati-hati banget mau milih apa yang ditulis. Oh ya, di blog ini  saya pilih nulis pake bahasa Inggris yang pas-pasan. Cuek aja lah, sekaligus ajang saya belajar  nulis bahasa Inggris. Blog ini memang saya spesifikasikan untuk keluarga. Tidak terlalu saya ekpos dan share tulisannya, karena kekhawatiran itu tadi. Blog ini saya namai www.theway-weremember.blogspot.com. Saya pilih nama itu memang dimaksudkan sebagai tempat saya mendokumentasikan segala kenangan tentang keluarga.

Huaaaa…, itu aja sudah 3 blog. Belum lagi yang terbaru, yakni www.havefun-gardening.blogspot.com. Namun sekarang ini saya ubah namanya menjadi www.bundaberkebun.blogspot.com. Biar sama dengan page di Facebook dengan nama yang sama, yakni bundaberkebun.


Masih ada lagi blog di Kompasiana, yakni   www.rebellinapassy.kompasiana.com, dan www.reni-susanti.kompasiana.com. Kalau akun yang di sini memang untuk ikutan lomba yang ada di Kompasiana. Enggak pernah menang, karena ikutannya juga serba nanggung. Trus isi blognya juga  masih seuprit  postingan. dan memang saya juga jarang pantau Kompasiana, soalnya ngerri dengan komen-komen yang ada di sana.

Nah , yang satu ini nih yang benar-benar saya sesali. Mengabaikan blog yang telah memberikan saya sertifikat penghargaan sebagai peserta yang lulus ikut tantangan 30 hari Nonstop Ngeblog, di tahun 2013 lalu. Wow…..! Saya bisa berhasil memposting 29 artikel (hanya 1 hari bolos karena sakit flu berat), itu sesuatu banget bukan? Eh begitu momentnya kelar, saya seperti terhempas tak punya daya buat nulis di blog www.rebellinapassy.blogdetik.com tersebut.

Lalu, begitu ada kesempatan pengen nulis, walah, mau masuk ke blog itu, enggak bisa-bisa karena lupa passwordnya. Memang menurut saya password di blogdetik ribet dan sulit buat diinget, jadi tak nyaman untuk saya berakrab ria menulis di situ. Akhirnya, setahun sudah saya tidak update tulisan disana. Sepertinya, blog ini akan tutup dengan sendirinya. Hiks..

Jujur, saya kerepotan dengan semua blog-blog yang ada tersebut. Saya sadar, ini kesalahan sendiri.Terlalu maruk dan enggak fokus. Padahal, kalau mau konsisten, harusnya saya fokus, fokus, dan fokus pada yang sudah ada dulu. Enggak merambah-rambah ke sana sini gegara hasrat hati yang belum stabil. Mak-mak ababil ya, hahaha.
www.rebellinasanty.blogspot.com
sumber: credit

Ya sudahlah. Kayaknya saya harus sadar diri. Banyak hal yang diinginkan, namun tidak semua harus tercapai bukan. Dinikmati aja yang ada dulu, sembari tetap fokus dengan  tujuan utama. Sepanjang hasrat untuk menulis bisa disalurkan, fokus dulu dengan yang ada. Walau dengan sedikit menyesal, mungkin beberapa blog tidak terlalu bisa saya update lagi, terutama yang di detik, kompasiana dan dunia lain.

Ah.., lega akhirnya setelah saya mampu memfokuskan kembali untuk menulis  di blog ini.  Setelah bisa berdamai dengan diri dan keterbatasan saya, kok jemari saya jadi ringan ingin menulis lagi. Tentang apa saja, termasuk tulisan ini J





2 komentar:

  1. weleh weleh banyaknya mbak, salut saya bisa mengelola account dengan baik, saya aja punya 3 udah kewalahan mau nulis apa hehe.... sukses deh buat mbak.... semangat pokoknya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. lha, malah bikin pusing akhirnya, dan beberapa sepertinya terpaksa nonaktif dengan sendirinya. hiks...

      Hapus

Hai.., Terima kasih sudah mau baca tulisanku. Jika berkenan, beri komentar ya. Setiap komentar insha Allah pasti dibalas, kecuali yang nyepam dan SARA ya. Komentar anda, membantu banget buat perbaikan Blog ini. Salam, Rebellina :)

badge