Jumat, 17 Oktober 2014

Resep Pia Isi Kacang Hijau

Pia ini salah satu kue kegemaran saya. Lapisan kulitnya yang renyah berlapis-lapis, dengan isi kacang hijau di dalamnya, membuat mulut saya tak berhenti di satu buah saja untuk mengunyahnya. Dan ternyata, penganan ini digemari anak-anak juga. Jadi, tak percumalah saya berepot-repot dikit membuatnya. Karena, sungguh tak enak buat saya kalau membuat penganan yang cuma saya sendiri saja yang bisa menikmatinya.

Resepnya sayang cuma kalau sekedar dikliping di buku dan cuma saya sendiri yang menikmatinya. Karena prinsip berbagi itu menyenangkan dan mendatangkan pahala, maka saya pun akan berbagi resepnya di sini. Bahannya mudah diperoleh, buatnya tidak sulit, hanya butuh kesabaran sedikit. Berikut resepnya:


Untuk Kulit Pia :
Bahan I
125 gr terigu
½ sendok makan mentega putih
40 gr te[ung gula
75 ml susu

Bahan II
175 gr terigu
70 ml minyak goreng

Untuk Isi:
100 gr kacang hijau kupas, rendam 1 jam
100 gr gula pasir (tergantung selera, kalau saya kurang suka manis, jadinya saya kurangi jadi 75 gr)
¼ sendok the garam
50 ml santan

Cara Membuat:
  1. Aduk Bahan I sampai kalis. Sisihkan.
  2. Aduk Bahan II sampai kalis, sisihkan.
  3. Gulung panjang adonan I, lalu bagi-bagi menjadi 45 bagian yang sama
  4. Gulung panjang adonan II, bagi-bagi menjadi 45 bagian yang sama juga
  5. Giling 1 adonan bagian I, tambahkan 1 bagian adonan II di atasnya. Giling tipis, lalu gulung.
  6. Lakukan hal yang sama dengan no 5 di atas pada sisa bahan adonan I dan II. Isitirahatkan selama 1 jam sambil ditutupi serbet.
  7. Isi: Kukus kacang hijau 30 menit, lalu haluskan. Tambahkan gula pasir, garam, dan santan. Masak sambil diaduk sampai kering. Angkat dan dinginkan.
  8. Setelah dingin, bagi-bagi adonan isi sesuai jumlah kulit (45 buah). Bentuk bulat-bulat.
  9. Giling adonan kulit yang telah diistirahatkan selama 1 jam sebelumnya. Tambahkan adoanan isi di tengahnya. Betuk bulat pipih.
  10. Oven 7 menit dengan suhu 160 derajat. Balik. Oven kembali 7 menit.

Siap santap deh pia isi kacang hijaunya, ditemani segelas kopi atau teh hangat dan dinikmati bersama keluarga .
www.rebellinasanty.blogspot.com
Pia Isi Kacang Hijau 


Selamat mencoba 
 




8 komentar:

  1. weekend besok cobaa ah..
    makasih resepnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama. semoga berhasil prakteknya ;)

      Hapus
  2. Ribet ya Mba? xixixixi... Tapi patut dicoba nih suatu saat nanti, tapi kayaknya nggak bisa kalo sendirian. Harus ada teman nih..hehe..
    Untuk saat ini, ke Jogja aja deh kalo pingin pia..wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. butuh kesabarn emang Rin untuk bikinnya. tapi worthed lah. khan enggak bisa ke yogya kalau kangen dengan makanan ini. jadinya, bikin sendiri, hehehe

      Hapus
  3. ini kue favoritku
    aku mau diajarin, tapi langsung mba, hahaha
    Biar langsung kita santap rame-rame

    BalasHapus
  4. Pengen nyoba bikin deh. sepertinya gampang :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. gampang sih, cuma kudu telaten dan sabar..

      Hapus

Hai.., Terima kasih sudah mau baca tulisanku. Jika berkenan, beri komentar ya. Setiap komentar insha Allah pasti dibalas, kecuali yang nyepam dan SARA ya. Komentar anda, membantu banget buat perbaikan Blog ini. Salam, Rebellina :)

badge