Senin, 20 Oktober 2014

Resep Darlung (Dadar Gulung) Pelangi Mini Isi Unti

Ini salah satu penganan kesukaan anak-anak. Karena warnanya dan bentuknya yang mungil. Resepnya sih standar, hanya saja saya beri pewarna makanan yang beda-beda dan bentuknya dibuat kecil. Saya kasih nama Darlung Pelangi Mini, singkatan dari Dadar Gulung. Biasalah, saya memang suka menyingkat-nyingkat kata. Kalau kata Si Sulung saya, “Emang Buntusi sih!”. Namun gara-gara suka menyingkat kata dan kalimat itu, tulisan saya berhasil masuk Gado-Gado Femina Lho. Bisa di baca di sini.

Balik lagi ke Darlung Pelangi Mini ini. Saya suka buat ini untuk bekal snack Kakak Sya dan Kakak Ai. Mereka kalau sekolah kan bawa bekal, cuma kalau Ai, hanya bekal snack, sedangkan Kak Sya selain snack juga bekal nasi+lauk. Dan belajar dari pengalaman, bekal snack anak-anak itu enggak melulu soal rasa, tapi tampilan warna dan bentuk, sangat memengaruhi selera mereka. Bentuk harus mini-mini, dan warnanya menarik mata. Hanya saja tetap diingat, harus memakai pewarna makanan yang aman dan halal. Bukan pewarna sintetis kimia untuk baju dan yang lainnya.

Berikut Bahan dan Cara Pembuatan Darlung Pelangi Mini
Bahan Kulit Darlung :
200 gr terigu
1 btr telur ayam
1 sdt garam
300 ml santan
Pewarna makanan (terserah, sesuai selera) secukupnya

Bahan Isi Unti :
100 gr kelapa parut (kasar)
100 gr gula pasir
 Daun pandan 2 helai
Garam ½ sdt

Cara Membuat:

Unti: Campur kelapa parut dengan gula pasir, daun pandan dan garam. Masak diatas api sedang hingga gula meresap. Angkat dan dinginkan.

Kulit Dadar Gulung (Darlung)
Masukkan terigu dalam mangkuk. Campur telur yang dikocok lepas ke dalam makung berisi terigu. Aduk hingga bercampur rata. Tuangkan santan sedikit demi sedikit sampai adonan tercampur rata. Saring bila perlu untuk mendapatkan adonan yang tercampur rata tanpa ada sisa tepung yang menggumpal. Bagi adonan menjadi beberapa bagian. Beri pewarna sesuai selera di tiap-tiap bagian.

Panaskan alat dadar, beri minyak secukupnya.
Tuang 1 sendok adonan sayur dan masak hingga matang. Lakukan sampai seluruh adonan habis.
Isi dadar dengan unti. Lipat bentuk amplop, lalu gulung.

www.rebellinasanty.blogspot.com
Darlung Mini Pelangi



Siap santap

Selamat  mencoba



8 komentar:

  1. tadinya gak mau komen, tapi baca kata-kata "terimakasih tidak menjadi silent rider", baiklah, saya ninggalin jejak dulu...:D

    BalasHapus
  2. Selama ini tahunya cuma yang warna ijo. Lucu juga kalo dibuat warna-warni gini ya, Mak. Tfs. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak Haya, warna ijo udah familiar ya. supaya enggak bosen, dipakailah warna-warna lain. ternyata mujarab buat anak-anak makin suka :)

      Hapus
  3. mamah mertua saya yang sering bikin karena tau cucu-cucunya pada suka. Saya sendiri belum pernah bikin :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. mama mertuanya rajin ya Mak, masih sempet bikin kue yang butuh kesabaran. tapi memang orang dulu sih tingkat sabarnya masih tinggi

      Hapus
  4. baru ini saya lihat yang warna-warni. biasanya warna hijau. kayaknya dadar gulungnya enek tuh. makasih udah berbagi gan. kayaknya harus langsung praktek. lumayan buat ngasih kado adik saya yang udah mau ulang tahun. ok makasih gan, salam sahabat mblogger dan ditunggu kunjungan baliknya di bengkel blogger.

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih sudah mampir ya. silahkan dieksekusi resepnya. siap mampir ke tempat nih

      Hapus

Hai.., Terima kasih sudah mau baca tulisanku. Jika berkenan, beri komentar ya. Setiap komentar insha Allah pasti dibalas, kecuali yang nyepam dan SARA ya. Komentar anda, membantu banget buat perbaikan Blog ini. Salam, Rebellina :)

badge