Cara Mudah Membuat Crouton

https://rebellinasanty.blogspot.com
Crouton/Kroton dari dapur sendiri. Simpel aja tanpa taburan, malas soalnya. 

Akhir-akhir ini saya sering beli roti jadi untuk bekal snak anak-anak ke sekolah. Soalnya bikin pagi hari saya  jadi lebih mudah ketika mempersiapkan bekal snack buat dibawa anak-anak ke sekolah. Dulu sih lumayan sering bikin aneka cemilan sendiri, termasuk bikin puff pastry dan danish pastry. Namun faktor U dan juga kesibukan yang semakin bertambah, akhirnya membuat saya jadinya sering beli roti di supermarket karena lebih praktis. Tinggal diisi sesuai selera (saya biasanya beli roti tawar atau roti bun). Bisa diisi selai coklat dan keju, atau juga diisi dengan bahan-bahan yang ada di rumah.


Nyatanya, buatan sendiri memang beda ya dengan beli jadi. Mungkin secara tampilan, enggak bisa dibandingkan dengan bakery yang keren abis deh tampilan roti dan snack-snacknya. Tapi secara rasa, buatan rumah lebih kena di hati, karena ada proses yang melibatkan hati dan cinta dalam pembuatannya. Bukan semata-mata rasa 'enak di lidah', melainkan melibatkan rasa sayang sehingga rela berkorban waktu dan tenaga untuk membuat makanan bagi keluarga. Sesuatu yang datangnya dari hati, pasti sampai ke hati. Jadi kalau soal rasa, buatan sendiri mungkin saja tidak seenak dan semenarik hasil beli, tapi yakinlah, di lidah anggota keluarga yang merasakannya, buatan rumah (Ibu) tetap nomor satu!

Setidaknya, itulah pendapat saya ketika mengamati anak-anak yang masih sering nagih minta  dibuatkan ini itu oleh saya walau sudah dibelikan snack untuk bekal sekolahnya. Kadang kasihan juga kalau sudah begitu. Hanya saja kalau rasa malas sudah hinggap, susah ya buat dihilangkan.
Untungnya, sejak saya agak-agak malas ngebaking, ada sisi positifnya, yakni anak-anak, terutama Kk dan Ai akhirnya memberanikan diri untuk belajar membuat penganan yang mereka sukai.

Hasilnya?

 Sejauh ini, alhamdulillah. Brownis buatan Kk bolehlah diacungi jempol kita-kita, sedangkan pancake buatan Ai, masih harus mengasah jam terbang lebih banyak lagi. Tapi kalau nasi goreng buatan Ai, wah..., selalu habis tak bersisa alias excellent (jangan besar kepala ya, Ai, hehehehe).

 Wah, cerita saya jadi melenceng jauh nih. Balik lagi ke roti hasil belian.

Ternyata, roti yang biasanya jadi favorit anak-anak, bisa bikin jenuh juga . Jadinya malah kadanf nggak habis semua termakan. Daripada terbuang sia-sia, harus diusahakan agar roti sisa itu masih bisa digunakan. Prinsip saya sebisa mungkin adalah zero waste dalam hal apapun, termasuk dalam hal makanan dan proses memasak,  mengingat diluaran sana masih banyak saudara-saudara kita yang kurang beruntung dalam hal ini (kecukupan makanan).

Untuk itu, biasanya roti sisa itu saya potong tipis-tipis, oles margarin, taburi keju parut, kadangkala gula pasir, lalu dipanggang sampai kering. Masuk toples dan anytime siap jadi temen minum teh dan kopi. Kadang kala saya potong bentuk persegi panjang, lalu dioles margarin dan panggang sampai kering. Setelah agak dingin, bagian ujungnya dicelup ke dalam coklat masak pekat yang telah dilelehkan. Lalu diamkan sampai coklatnya beku, simpan di dalam toples. Tapi biasanya sih kalau roti yang dicelup coklat begini enggak tahan lama di dalam toples. Bukan karena melempem, tapi karena langsung habis tak bersisa begitu coklatnya membeku...

Lain waktu, agar tidak bosan, roti tawar itu saya olah menjadi kroket isi.  Cukup potong bagian kulitnya, lalu roti digiling sampai tipis. Penggilingan ini berfungsi agar ketika digoreng, roti tidak terlalu menyerap minyak. Setelah digiling tipis, silahkan isi sesuai selera, bisa potongan telur, daging asap, keju dan mayonais, lalu digulung, celup ke dalam adonan tepung atau telur, lalu digulingkan ke dalam tepung panir. Simpan sejenak di kulkas, agar panir menempel. Setelahnya goreng deh.

https://rebellinasanty.blogspot.com
kroket roti tawarnya seperti ini deh kira-kira

Bagaimana dengan kulit rotinya? Jangan dibuang, masih bisa dimanfaatkan. Panggang dengan api kecil sampai kering. Lalu hancurkan sehingga jadi remah. Remah dari kulit roti yang dipanggang ini bisa jadi campuran untuk membuat bakso, atau membuat nugget ayam sendiri. Atau jadi bahan pembuat panir.

Cara lainnya memanfaatkan roti yang tidak termakan adalah dengan menjadikannya kroton (crouton). Caranya dengan memotong roti dalam bentuk kubus dengan ukuran sekitar 1-2 cm, atau sesuai selera. Olesi margarin, taburi seledri yang telah diiris halus, lalu panggang sampai kering. Setelah dingin, simpan di dalam toples dan siap dipakai kapanpun.

Kroton ini sering digunakan dalam hidangan salad dalam hidangan Western.

https://rebellinasanty.blogspot.com
Crouton

 Namun kalau saya sedang malas, terkadang kroton tidak saya oles margarin atau pun ditaburi irisan halus daun seledri. Melainkan dipotong kubus dan dipanggang begitu saja. Dan  saya pakai sebagai bahan tambahan untuk kolak pisang dingin. Apalagi kalau koldingnya (kolak dingin) di santap saat hari panas atau saat berbuka puasa. Hmm...., yum...yum deh.

Bagaimana? Masih suka membuang roti yang tidak termakan?
Mudah-mudahan setelah baca ini, enggak lagi.

Salam manis

Reni Susanti


Rebellina Santy

Author, Blogger, Crafter, and Gardener. Informasi pemuatan artikel, Sponsored Post, Placement, Job Review, dan Undangan Event, email ke : rebellinasanty@gmail.com. Twitter/IG: @rebellinasanty

10 komentar:

  1. Makasih resepnya mbak. Ijin share yahh...

    BalasHapus
  2. Roti yang sisa biasanya saya bikin jadi Puding Roti.
    Tapi ternyata ada yang lebih simpel.
    Wahh boleh nih dicoba.
    Kayaknya mudah bikinnya (Itu yang penting hihihi)..
    Btw salam kenal ya Mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga. Udah mampir tadi ke webnya. Tapi belum komentar. Lain waktu main ke sana lagi :)

      Hapus
  3. aku kok baru tahu nih crouton...memanfaatkan yg tidak terpakai ya mbak...pingin nyoba nanti kalau anak2 libur ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, sekalian memberi kegiatan buat anak-anak, hehehe.

      Hapus
  4. Selama ini ga kepikiran utk jadiin crouton ato yg lain dr roti sisa mba. Oke banget ini idenya :).aku penasaran jg pgn coba yg kroket roti taawar :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba deh mbak. lumayan juga sbg bekal untuk anak dan hubby, karena cukup mengenyangkan.

      Hapus
  5. bikin crouton dipanggangnya pake oven y mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Mbak Kania. Api kecil-sedang. kalau enggak ada oven, bisa disangrai di atas wajan dengan api kecil

      Hapus

Halo...
Thanks ya uda mau mampir dan kasih komentar di blog Rebellina Santy. Komentar kamu berharga banget buat saya.

Salam
Reni Susanti