Resep Snack Mudah :Chocolate Crouton Balls (Bola-bola Kroton Coklat)

https://rebellinasanty.blogspot.com
Chocolate crouton balls, buatan dapur Rebellina Santy

Masih seputaran roti nih.

Karena banyak persediaan crouton, dan beberapa minggu terakhir ini hujan selalu hadir (enggak banget khan mau bikin kolak dingin dengan campuran crouton di hari hujan), saya pun terpikir membuat cemilan lain berbahan roti kubus panggang ini.

Biasalah, kalau hari dingin mulut pun rasanya pengen ngunyah-ngunyah aja. Enggak anak, emaknya juga :)

So, lihat-lihat isi kulkas, sekiranya ada yang bisa dipakai buat berkreasi.
Kulkas sudah hampir kosong, tanda sudah waktunya harus belanja mingguan. Tapi bahan yang dicari, belum kelihatan.
Eits..., tunggu.

Di pojokan rak, ada toples kecil. Oh ternyata isinya selai kacang. Lalu di dinding pintu, masih ada coklat batangan. Sebersit ide, muncul.
Keluarin bahan-bahan, jerang air di panci, then pak pik puk...

30 menit kemudian....


"Wuah..., Bunda bikin apaan nih," Si Bungsu melongok ke dapur. Di atas loyang sudah tertata rapi bola-bola coklat beralas mangkuk kertas.
"Coklat!!!..., Minta ya..."
Sejurus kemudian, satu mangkuk kertas sudah kosong.
Ocehannya mengundang bocil-bocil yang lain datang (engg, benernya sih udah beranjak remaja, masih bisa dibilang bocil?)
Dan satu persatu mangkuk kertas itu jadi kosong, sampai kemudian saya suruh untuk stop. Biar ada sisa buat teman ngekopi dan ngeteh (susu buat mereka) entar sore.

Ternyata, cemilan dadakan itu disukai anak-anak. Padahal buatnya gampang banget, enggak pake ribet, enggak butuh bahan banyak, enggak butuh mixer. Cuma butuh air panas untuk ngetim coklat. dan tentu saja bahan dasarnya roti kubus kering ini. lalu aduk-aduk rata, bekukan. Siap santap.
Yang enggak biasa nyentuh dapur dan peralatan baking pun, pasti bisa buatnya.

Cemilan dadakan ini saya namakan: Chocolate Crouton Balls alias Bola-bola Kroton Coklat.
Biar keren dikit, pakai inglish, hehehehe.
Sebagai pengingat, saya tulis di blog saja. Buat yang  mau coba-coba, silahkan aja dicatat bahan-bahan dan cara pembuatan Chocolate Crouton Balls ini.

Related: Cara Membuat Crouton

Berikut bahan-bahannya:

100 gr crouton (Cara membuat crouton bisa dilihat di sini 
2 sdm margarin
100 gr selai kacang
200 gr coklat masak, cairkan

Pelengkap
Coklat putih leleh untuk garnis
atau
100 gr kacang mede goreng, cincang kasar. Kalau tidak ada bisa diganti dengan kacang tanah kupas yang disangrai, lalu dicincang kasar

Cara membuat: Hancurkan crouton bila potongannya terlalu besar. namun jangan sampai halus, cukup menjadi potongan kecil-kecil sebesar ukuran 1/2 cm.
Di wadah lain, lelehkan coklat masak, tambahkan selai kacang dan margarin. Aduk rata sampai seluruh bahan menyatu.
Masukkan potongan remah crouton kedalam adonan coklat cair. Aduk rata hingga crouton sepenuhnya berbalut coklat.Dengan dua buah sendok, bentuk bulat.

Bila ingin toping kacang, gulingkan bola-bola crouton ke dalam caacahan kacang mede/tanah. Simpan dalam kulkas/lemari pendingin hingga membeku.Atau sampai siap disantap.

Resep Snack Mudah: Chocolate Crouton Balls (Bola-Bola kroton Coklat)

namun karena tidak ada persediaan kacang, saya cantik-cantik-in dikit dengan lelehan coklat putih. caranya gampang, lelehkan coklat putih. Masukkan dalan plastik segitiga. Gunting sedikit di bagian ujungnya. Lalu hias permukan bola-bola crouton sesuai selera. Masukkan sebentar di dalam kulkas agar coklatnya membeku.

Setelah set, tempatkan bola-bola croton coklat dalam wadah sampai siap disantap.

Enak dijadikan cemilan saat ngumpul bareng keluarga, ditemani kopi atau teh. Bisa juga sebagai bekal snack buat anak ke sekolah, asal jangan sering-sering aja (karena manis).

Resep mudah ini juga layak dijadikan moment belajar masak bersama anak-anak tercinta.

Selamat menyoba...

Salam manis
Reni Susanti

Rebellina Santy

Author, Blogger, Crafter, and Gardener. Informasi pemuatan artikel, Sponsored Post, Placement, Job Review, dan Undangan Event, email ke : rebellinasanty@gmail.com. Twitter/IG: @rebellinasanty

10 komentar:

  1. Waaah, siapa sih yang bisa nolak coklat? Nyaaam banget.
    Besok libur kan ya, bisa nih dieksekusi bareng anak-anak <3

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah.., sepertinya coklat itu bahan yang sama sekali enggak akan ditolak anak-anak ya

      Hapus
  2. Naaah kalo resepnya ga pake acara baking2 aku suka nih :). Secara ga ada oven, dan ga terlalu suka masak yg susah2 :p. Ini mah pasti anakku yg pertama doyan banget mba, krn coklat :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau ngebaking aku masih mau mbak. Tapi kalau masak yang pake ribet? huahhh, enggak deh. Bahkan akhir-akhir ini urusan masak sudah didelegasikan ke anak-anak, hehehe

      Hapus
  3. Kayaknya yang nyomot bukan anaknya deh , Mbak, tiap kali jadi..tapi emaknya hahaha
    Satu jadi, masuk mulut..satu lagi masuk juga...:D #ups
    Wajib dicoba nih, barengan anak-anak bikinnya, cepet dan simpel bahannya , thanks resepnya:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahah, iya betul. Aduhh..., jadi malu :)

      Hapus
  4. Balasan
    1. coklat emang sungkan ditolak lidah ya Mak...

      Hapus
  5. Balasan
    1. namanya mungkin baru denger Mbak. Emang jarang dipake kuliner kita

      Hapus

Halo...
Thanks ya uda mau mampir dan kasih komentar di blog Rebellina Santy. Komentar kamu berharga banget buat saya.

Salam
Reni Susanti