Resep Daging Bebek Masak Cabai Hijau

https://rebellinasanty.blogspot.com
Bumbu cabai hijaunya melimpah, Resep Daging bebek masak cabai hijau

 Beberapa hari yang lalu ayahnya anak-anak pulang sembari membawa bungkusan. Ternyata ayah bawa bebek kaleyo dari salah satu rumah makan dekat tempat kerjanya. Seperti biasa, kita semua pun bersama-sama nyicipin bebek kaleyo keluaran rumah makan tersebut.

Baru beberapa gigitan, sudah terdengar nada protes dari Si Sulung. "Kok daging bebeknya keras ya.."
Emang, daging bebeknya alot ketika digigit. Tapi yang mengganggu lidah saya bukan alotnya daging bebek tersebut, melainkan rasa micin/msg yang terlalu banyak. Jadi eneg dan bikin mual.

Apa yang saya rasakan ternyata disepakati juga oleh yang lain. Hanya Ayah yang memilih diam, tidak berkomentar apapun. Ayah memang tidak suka mengomentari makanan yang rasanya 'kurang'. Tapi kalau enak, bibirnya tidak segan memuji. Sikap diam ayah merupakan isyarat bahwa kita-kita tidak boleh meneruskan komentar kurang baik terhadap si daging bebek kaleyo ini. "Tidak boleh mencela makanan. Kalau tidak suka, jangan dimakan, namun juga jangan dicela," begitulah kira-kira dia menukil hadist Rasulullah soal makanan.



Sebenarnya kita sih enggak maksud mencela makanan yang kebetulan dibawa ayah . Hanya refleks berkomentar. Tapi nasehat ayah kita terima juga. Engga banyak lagi pembicaraan mengenai rasa bebek kaleyo yang agak mengecewakan sampai kita selesai makan.

Tapi saya dan anak-anak masih penasaran dengan daging bebek. Dan juga memang saya belum pernah sekalipun masak daging bebek sendiri semenjak menikah. Jadi rasa penasaran itu bertambah dengan pengen makan daging bebek olahan tangan saya sendiri.

"Ntar Minggu Bunda beli daging bebek, ya.." janji saya pada anak-anak untuk menebus kekecewaan karena makan daging bebek yang 'kurang enak'.

Nah, Minggu kemarin, janji itu saya tepati. Di tempat saya biasa membeli ayam segar (dan langsung potong-bersihkan di tempat) juga tersedia bebek hidup. Saya beli seekor. Harganya memang lumayan. Dua kali harga ayam hidup. Dan dipotong serta langsung dibersihkan di tempat.

Awalnya bingung juga mau dimasak apa tuh daging bebek, karena belum ada pengalaman sama sekali. Tapi  jadi inget dengan kata nenek (alm) kalau daging bebek enak dimasak dengan cabai hijau. Walau sudah agak-agak lupa dengan rasa bebek masak cabai hijau, saya beranikan aja bereksperimen dengan  menggunakan cabai hijau.

Dan alhamdulillah.., saat selesai masak dan kita makan bersama, ternyata rasanya enak...
Ayah dan anak-anak sampai ketagihan. Bukan hanya ketagihan pada daging bebeknya, justru pada bumbu cabai hijaunya yang saya buat melimpah. Cabai hijau yang biasanya berbau langu, ternyata bisa dinetralkan dengan daun salam dan gula pasir serta saus tiram. Sayangnya, karena kurang pengalaman, saya merebus daging bebeknya terlalu sebentar, sehingga daging bebeknya masih sedikit keras.
https://rebellinasanty.blogspot.com
Resep Daging bebek masak cabai Hijau

Ternyata hal ini yang membedakan daging bebek dengan daging ayam potong, ya. Kalau masak daging ayam potong/broiler enggak pakai lama udah empuk. kalau daging bebek, butuh waktu agak lama...

Begitupun, enggak ada yang protes dengan daging bebek yang sedikit keras. Karena terbayar oleh rasa bumbu yang pas di lidah. Dan ternyata resep bumbu cabai hijau ini cocok diterapkan untuk daging ayam juga. Mau coba juga resepnya?
Mudah kok. Simak aja bahan dan cara pembuatannya di bawah ini.

Bahan Daging Bebek Masak Cabai Hijau

1 ekor bebek yang masih muda. Potong menjadi 8 bagian atau sesuai selera
2 ruas jahe, bersihkan, geprek
4 lembar daun salam

Bumbu Halus:
25 buah cabai hijau besar, tumbuk kasar bersama
4 siung bawang putih

5 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya, sobek-sobek
2 batang daun bawang, potong-potong
2 batang sereh, memarkan
garam, gula pasir, merica, secukupnya
2 sdm saus tiram
 minyak goreng untuk menumis

Bawang goreng 2 sdm untuk taburan

Cara membuat bebek Masak Cabai Hijau

1. Rebus bebek bersama dengan jahe dan daun salam, sampai empuk. Lalu goreng setengah matang.
2. Panaskan minyak. Tumis bumbu halus sampai layu dan harum. Masukkan daun jeruk dan sereh. Aduk-aduk hingga rata dan berbau harum.
3. Masukkan daging bebek. Tambahkan sedikit air. Setelah  airnya agak mengering, tambahkan dengan daun bawang, garam, gula, merica dan saus tiram.
4. Aduk hingga rata dan bumbu meresap.
5. Angkat dan taburi dengan bawang goreng
6. Sajikan bersama dengan nasi panas.

Nah, gampang khan?

Selamat menyoba





Salam Manis



Rebellina Santy























Rebellina Santy

Author, Blogger, Crafter, and Gardener. Informasi pemuatan artikel, Sponsored Post, Placement, Job Review, dan Undangan Event, email ke : rebellinasanty@gmail.com. Twitter/IG: @rebellinasanty

8 komentar:

  1. Bebek ini diolah apa aja enak ya Mbk...aku seringnya masak lada hitam,kapan2 coba resep ini ah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sih, tapi dagingnya emaang agak alot ya. Harus agak ekstra lama masaknya

      Hapus
  2. Bebek kalau di sambel ijo emang paling nampol. Aku masih ngak pede kalau olah bebek entah kenapa keknya masih agak alot dagingnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama Mbak. ini juga pengalaman pertama. cuma karena kata anak-anak bumbunya enak, aku tulis di sini

      Hapus
  3. Waaaahhhhh kayaknya enak mbak....

    *freya*

    BalasHapus
    Balasan
    1. katanya anak-anak sih enak....
      Makasih udah mampir ya...

      Hapus

Halo...
Thanks ya uda mau mampir dan kasih komentar di blog Rebellina Santy. Komentar kamu berharga banget buat saya.

Salam
Reni Susanti