Senin, 10 Februari 2014

Syarat Pengiriman Tulisan Di Rubrik Gado-Gado Femina

www.rebellinasanty.blogspot.com
ilustrasi: sumber:di sini
Sebenarnya, sudah banyak penulis yang membahas mengenai syarat pengiriman tulisan untuk rubrik Gado-Gado Femina. Namun, tidak ada salahnya saya tuliskan kembali di blog saya, diniatkan untuk berbagi ke orang lain, dan juga untuk diri sendiri sebagai pengingat dan dokumentasi.

Syarat  mengirim tulisan ke rubrik Gado-Gado Femina adalah sebagai berikut  (berdasarkan referensi dari berbagai sumber, dan pengalaman pribadi):



1.Teknis Penulisan
        Tulisan ditulis dengan font jenis Times New Roman (TNR) ukuran 12, bisa juga dengan Arial ukuran 12 (waktu ngirim, saya pakai TNR 12 untuk tulisan Gado-Gado berjudul Bun Tu Si, dan Arial 12 untuk Lho Kok Ada Dua?). Namun kalau dari persyaratan yang dicantumkan dalam page Femina, jenis font adalah Arial 12.

        Jumlah kata sekitar 700 – 800 kata. Atau sekitar 4000 – 4500 karakter tanpa spasi, dan maksimal 3 halaman folio (legal). Spasi ganda (2).

2. Judul Tulisan
        Judul lebih baik pendek,  unik, sesuai dengan isi cerita, dan menarik  mata untuk membaca lebih jauh. Judul lebih baik tidak lebih dari 2 kata . Tapi kalau cerita dianggap menarik dan judulnya masih dianggap sesuai dengan isi, judul yang memakai lebih dari 2 kata juga ada yang diterima (contoh, Gado-Gado berjudul :  lho, Kok Ada Dua?)

        Selain judul, cathcer ternyata membantu untuk menarik perhatian pembaca untuk membaca keseluruhan artikel (dan membuat redaksi tertarik membaca naskah kita lebih jauh). Cathcer biasanya ditulis di awal-awal tulisan, dalam bentuk cetak miring atau tebal. Cathcer dipilih dari bagian isi tulisan kita juga yang kita anggap menarik pembaca untuk membaca lebih lanjut. (tentang cathcer, sumber berasal dari hayaaliyazaki.com)

Contoh: Saat itu aku heran, sedang apa suamiku  malam-malam begini di dapur. Aku baru sadar kalau itu bukan suamiku saat mendengar dengkuran halusnya  di sampingku. Lalu, yang di dapur siapa? 
(Dikutip dari gado-gado: Lho, Kok Ada Dua?, Femina No 47, 2013).

3. Tema dan Isi Tulisan
          Sesuai namanya,  Gado-Gado, rubrik ini menerima beragam tema,  komedi, horor, dan sebagainya, asal fakta, bukan rekaan.  Sumber inspirasi tulisan bisa didapat dari pengalaman pribadi atau pun pengalaman orang lain. Ditulis dengan memakai sudut pandang orang pertama, yakni dengan memakai kata aku atau saya sebagai penceritanya.

Isi tulisan Gado-gado sekarang ini beragam temanya. Kalau dulu, sependek yang saya mati, bersifat humor. namun kini, lebih beragam. Kalau ingin lebih tahu, harus rajin baca rubriknya untuk mengetahui perkembangan tren yang berlaku.

4. Teknik Pengiriman 
           Tulisan bisa dikirim lewat email dengan alamat : kontak@femina.co.id. Bisa juga lewat pos dengan alamat yang tertera di majalah Femina. (tapi lebih mudah ngirimnya lewat email, bukan?)

Pada bagian subject diisi dengan : Gado-gado: ….(isi dengan judul tulisan kita)
Pada bagian body email, ditulis kata pengantar yang menjelaskan jati diri kita, penegasan bahwa tulisan itu bukan plagiat, dan juga keterangan singkat tentang isi tulisan yang kita kirimkan. Jangan lupa sertakan alamat, no hp yang bisa dihubungi serta no rekening. (Pengalaman: no rek bisa bukan atas nama pribadi, saya memakai no rek atas nama suami).

Naskah tulisan di kirim dalam bentuk attachment (att). Di bagian akhir naskah  tulisan, jangan lupa sertakan lagi data diri .

Secara pribadi, saya mengirim file tulisan dalam format .rtf (rich text format). Pengiriman dokumen via email dengan memakai format rtf bukan .doc (docx, untuk Office diatas versi 10) untuk menghindari virus makro dan inkompatibilitas (ketidaksesuaian) versi MS office yang diinstal (antara pengirim dan penerima file tulisan).

Berikut contoh surat pengantar untuk naskah yang saya kirimkan ke redaksi Femina :

Dear Redaksi Femina,

Nama saya .......... Saya adalah seorang ibu dari 4 orang anak, juga pengusaha kecil-kecilan dari rumah, dan memang suka menulis semenjak saya muda. Tulisan saya pernah dimuat di Majalah Anita Cemerlang, dan surat kabar Waspada sekitar tahun 1990-an.
 Sempat vakum beberapa tahun karena fokus di usaha mandiri saya, dan beberapa tahun ini aktif  kembali menulis, dan bergabung di beberapa grup kepenulisan di jejaring sosial, seperti grup Ibu-Ibu Doyan Nulis (IIDN), Woman Script & Co, Kumpulan  Emak Blogger (KEB) dll. Saya juga salah satu kontributor dari buku  For The Love Of Mom, yang diterbitkan oleh Imania, tahun 2011 lalu.

Melalui surat ini saya ingin mengajukan tulisan Gado-Gado saya yang berjudul   ‘Lho, Kok Ayah Ada Dua?’  Kisahnya mengenai pengalaman nyata saya saat menempati rumah kontrakan, di mana saya menemui hal-hal yang diluar nalar, salah satunya melihat suami (Ayah) yang lain  lagi di dapur, sementara suami saya lagi tidur nyenyak di samping saya.

Besar harapan saya agar tulisan ini bisa diterima, terima kasih atas perhatiannya, Berikut saya cantumkan juga keterangan data pribadi.

Biodata  Singkat Penulis:
Nama   : .........
Alamat : .........
No. Rek :..........

Salam: ............

Kata pengantar tersebut tentu saja bisa anda tulis dengan gaya sendiri, tidak mutlak harus seperti itu. Yang penting, data diri  jangan lupa untuk disertakan.
                                   
Nah, kalau sudah mengirim naskah tulisan ke rubrik Gado-Gado, biasanya akan dapat email pemberitahuan dari redaksi Femina, yang menyampaikan bahwa tulisan kita sudah masuk di meja redaksi, dan disuruh menunggu keputusan akhir, apakah diterima, atau di tolak. Masa tunggu biasanya maksimal 6 bulan sejak email pemberitahuan itu datang. Baik di terima atau pun di tolak, redaksi Femina selalu memberitahukan kepada penulis lewat email dan telpon.

Semoga membantu, dan selamat menulis..

Sumber referensi:
Majalah Femina
FanPage Femina
Hayaaliyazaki.com










36 komentar:

  1. Info yg sangat berguna mak Rebelina...terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. senang kalau tulisan ini bisa bermanfaat bagiorang lain :)

      Hapus
  2. informatif mba.. ^_^
    Cukup lengkap tips-tipsnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah, kalau bisa membawa manfaat.

      Hapus
  3. terima kasih mak infonya sangat membantu dan bermanfaat.

    BalasHapus
  4. Terimakasih ya mak, lengkap sekali :D jadi ingin coba kirim ke femina juga :D

    BalasHapus
  5. oya mbak untuk spasi dua itu masing masing baris atau kalau alinea baru spasinya jadi 4 gt?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tetep 2 spasi, San. Kalau alinea baru, awal kalimatnya majukan ke depan, atau pake tab, biar mudah :).

      Hapus
  6. Makin komplit setelah diramu lagi tips ini mbak .. makasih ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama. berbagi itu tak pernah rugi :)

      Hapus
  7. wah makasih infonya,,mau coba ah,,

    BalasHapus
  8. Makasih infonya mbak...bisa dicoba nih.

    BalasHapus
  9. mbak, berapa lama jarak mengirim naskah pertama dengan yg kedua?

    BalasHapus
  10. ehm...makasih infonya mbak.
    membaca tips di atas, mulai mengecek tulisan sendiri...dan hasilnya "ahhhhh...sepertinya masih jauh dari standar" hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan kecil hati. coba saja kirim dulu :)

      Hapus
  11. Salam kenal Mbak Bellina. Senang sekali dapat ilmu menulis yang banyak sekali..kalo begini, pasti yg baca jadi semangat nih mba..thanks ya mba..smg Allah memberi balasan kebaikan untukmu. amin

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal kembali. senang rasanya bila tulisan ini membawa manfaat bagi orang lain. memang diniatkan begitu, karena berbagi itu bagi saya menyenangkan, tambah teman, dan tambah pahala amal :). amiin, terima kasih untuk do'anya

      Hapus
  12. Kalau sudah dapat kabar akan dimuat, biasanya nunggu berapa lama ya mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya paling lama sebulan Mbak. tapi ada juga yg seminggu setelah pemberitahuan, dimuat. gado-gado kedua saya begitu. enggak ribet.

      Hapus
  13. Makasih untuk infonya ya mbak.

    BalasHapus
  14. Wah Detail sekali Mom Rebellina
    Ini membantu sekali buat saya yang baru akan memulai menjadi penulis.
    Yang komentarnya juga pertanyaannya berbobot semua, jadi lebih semangat dan Fokus.

    Salam writer Mama Rebellina dan Semuanya

    BalasHapus
  15. Mbak, surat pengantarnya itu dilampirin juga apa langsung di body email? Terimakasih sebelumnya, mbak. Sukses selalu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. di body email, mbak. sukses juga ya untuk Mbak Firda..

      Hapus
  16. Salam kenal Mbak Rebellina :) Makasih atas ilmunya. Mau tanya juga ya mbak,
    Pernah denger katanya kalau kirim rekening halamannya juga harus di foto kan? Nah, fotonya itu di taruh di dalam bersama ceritanya, apa gimana mbak?
    Terimakasih sebelumnya mbak.

    BalasHapus
  17. terimakasih mbak rebellina untuk infonya.... aku jadi mau coba deh :)

    BalasHapus
  18. wow 6 bulan baru di setujui... hmmm sungguh sulit nembus femina ternyata. Cayoo jangan menyerah kengkawan :-)

    BalasHapus

Hai.., Terima kasih sudah mau baca tulisanku. Jika berkenan, beri komentar ya. Setiap komentar insha Allah pasti dibalas, kecuali yang nyepam dan SARA ya. Komentar anda, membantu banget buat perbaikan Blog ini. Salam, Rebellina :)

badge