Rabu, 22 Januari 2014

Truffle Coklat Mie Kacang Ala Bunda

Truffle Coklat Mie Kacang Ala Bunda, Mudah dan Fun Dilakukan Bersama Ananda

Suka coklat? Sepertinya tidak ada yang tidak suka ya. Kalau coklat dicampur mie goreng kering, apa ya rasanya? Gimana kalau sore-sore, saat meluangkan waktu untuk buah hati kita, kita buatkan mereka  cemilan yang pasti mereka akan suka, perpaduan coklat dan mie kering, plus kacang. Jadilah truffle coklat mie kacang ala bunda. Selain rasanya enak, dalam proses pembuatannya pun mudah, dan bisa menjadi kegiatan memasak yang asyik bersama si buah hati. 

Saya kalau buat cemilan yang satu ini, pasti anak-anak semua pengen terlibat (kecuali si Abang, hanya mau makannya saja, hehehe). Paling tidak bantuain nyendokan adonan ke cup certas dan menghiasnya dengan coklat putih. Dan bantuan utama yang paling mereka suka adalah, Menyantapnya! Tapi asyik lho membuat truffle coklat mie kacang  ini, karena bisa mengajarkan kerjasama untuk para ananda, sekaligus mengisi waktu luang dengan hal positif. Apalagi saat seperti ini, sering terjebak dalam rumah karena hujan yang turun terus menerus.   Tentunya mudah mengerjakannya bila bahan-bahannya ada. Yuk, di simak apa bahan-bahannya dan bagaimana cara membuatnya.

www.rebellinasanty.blogspot.com
Truffle Mi Coklat Kacang Ala Bunda



Bahan-Bahan Truffle Coklat Mie Kacang Ala Bunda

250 gr Dark chocolate  (saya pilih merek mercolade block). Tim sampai seluruh coklat lumer di atas panci yang berisi air dengan api kecil. Jangan sampai coklat kena uap air. matikan api kalau coklat sudah lumer

200 gr Mie telur kering,  rebus sampai matang, tiriskan. Goreng kering. Hancurkan dengan sendok, sehingga menjadi serpihan kecil-kecil (bukan bubuk)

Kacang tanah tanpa kulit/mede 50 gr. Sangrai atau panggang , cincang kasar (bisa di skip, kalau bahan ini tidak ada)

Coklat putih 50 gr (tim seperti dark chocolate), masukkan dalam plastik segitiga (untuk hiasan. kalau tidak ada, gunakan saja sedikit bagian dari dark coklat, tapi tampilannya jadi tidak kontras)

Cara:  campurkan dark choklat yang sudah dilelehkan dengan mie telur , dan kacang. Aduk sampai rata. Sedikan mangkuk (cup)  kertas ukuran kecil-kecil. Masukkan satu sendok teh  campuran coklat , mie kering, dan kacang ke dalam mangkuk kertas. Dinginkan di lemari pendingin.

Selagi menunggu truffle coklat mie kacangnya membeku, tim coklat putih yang telah dipotong kecil-kecil dan dimasukkan ke dalam plastik segitiga. Setelah cair, potong sedikit ujung palstik segitiga. Hias di atas truffle mie. Masukkan lagi ke dalam lemari pendingin selama 5 menit. Trala…, setelahnya, siap santap deh, ditemani secangkir teh hangat atau kopi.

Truffle coklat  mie kacang ini bisa juga jadi suguhan kue lebaran lho.., bila ditempatkan dalam toples yang tertutup rapat dan disimpan dalam lemari pendingin.

Selamat ber-funcooking bersama buah hati :)

NB. hiasan coklat diatas adonan bisa diganti dengan trimis (permen gula kecil-kecil berwarna warni, atau messes warna warni. Tapi meletakkan sebelum adonan dimasukkan dalam kulkas, agar ikut melekat di coklat yang masih basah).

8 komentar:

  1. waahhh, mie bisa dibikin kayak gini ya, mba. unik :D jadi pengen nyobain resepnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya. kriuk kriuk mienya bikin anak-anak suka. makasih udah mampir ya

      Hapus
  2. pake mie mbk???hehehe,,enak nih kayaknya,,,nyemmm

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak. mie telur kering. rasanya tetap garing walau sudah dimasukkan ke dala adonan coklat. tambahankacangnya, bikin rasanya makin joss! kata anak saya lho, heheh:)

      Hapus
  3. aku pernah juga bikin yg mirip2 kaya gini mbak. mie sama kacangnya takganti cococrunch tapinya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mak. sedikit kreatifitas ternyata menghasilkan cemilan yang sama enaknya, dan lebih murah, heheh

      Hapus
  4. ternyata mie cocok juga sama yang manis2 ya mak..
    kreatif sekali mak satu ini.. ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau kata tetangga yang saya bagi, rasanya mirip coklat bermerek S*****Q**** itu lho Mak. hehehe. Tapi memang anak-anak suka sih

      Hapus

Hai.., Terima kasih sudah mau baca tulisanku. Jika berkenan, beri komentar ya. Setiap komentar insha Allah pasti dibalas, kecuali yang nyepam dan SARA ya. Komentar anda, membantu banget buat perbaikan Blog ini. Salam, Rebellina :)

badge