Kreasi Boneka Jepang Ala Washi Doll Dari Kertas Kado

https://rebellinasanty.blogspot.com
washi doll dari kertas kado, rebellina santy
Sejak keranjingan mengoleksi  kertas kado beraneka warna dan corak, ruangan kerja   jadi penuh  dengan ratusan gulung kertas kado. Kertas kado yang semula diniatkan untuk membuat scrapboook, malah berkembang  menjadi banyak hal, mulai dari paper art, buku-buku unik, dan yang lagi digandrungi kini adalah membuat boneka kertas ala Jepang. Soalnya kertas kado selain mudah ditemukan, harganya juga murah, dan motif serta warnanya selalu menggoda saya untuk membelinya, hehehe .



Dulu Saya tahunya  boneka Jepang  ini dari internet  dengan sebutan washi doll. Mungkin karena bahan dasarnya adalah kertas washi, yang katanya harganya  lumayan, namun kualitasnya  memang bagus. Katanya lagi, kertas washi  teksturnya berserat, sehingga lentur dan mudah ditekuk atau dilipat seperti bahan/kain. Bener begitu? Kalau saya sih bener-bener tidak tahu, karena belum pernah lihat kertas washi, dan belum pernah beli. Apalagi denger-denger harganya yang mahal, jadi mikir 1000x kalau untuk beli.

Nah, mumpung kertas kado bertumpuk dan  pembuatan scrapbook untuk Ai tertunda karena masalah data base foto yang lagi hilang, saya manfaatin  untuk   membuat boneka ala-ala Jepang, yang tampilannya kyut banget dan imut. Jadi tantangan bagi saya menggunakan kertas kado,  karena seluruh tutorial yang saya jelajahi memakai kertas washi. Keterbatasan bukan halangan, tetapi justru jadi tantangan. Jargon yang kerap saya tanamkan ke anak-anak, kini saya ajukan ke diri sendiri. Ganbatte!

Mulai deh saya selancar di puluhan website yang memberikan tutorial pembuatan washi paper doll ini. Lucunya, saya malah menemukan tutorial yang mudah dimengerti justru dari website Barat, bukan dari orang Jepangnya asli. Mungkin karena basik pencarian saya dari Pinterest ya.

Ada beberapa tutorial  yang nyangkut di hati  karena prosesnya yang terlihat mudah. Namun setelah diuji coba, wah..., butuh beberapa jam buat saya  untuk bisa menghasilkan satu boneka kertas ala Jepang tersebut.. Soalnya, penggunaan kertas kado dengan tekstur yang agak tebal dan kaku, membuat saya harus ekstra hati-hati menguji coba lipatan kimononya.  Hasilnya  ternyata melebihi harapan, karena tetap terlihat bagus. Dan lagi anak-anak suka, terutama Si Kakak dan Ai yang menyukai segala hal yang  berbau Jepang.Si Kakak sendiri sempat bercita-cita ingin kuliah di Jepang (Amiin).

Nah, seperti ini hasil boneka Jepang dari kertas kado buatan saya.

https://rebellinasanty.blogspot.com
washi doll kertas kado, rebellina santy

Asli dari kertas kado, bukan dari kertas washi,  lho Oh ya, saya juga telah menyoba membuat boneka ala Jepang ini dari kertas krepe. Disebutkan bahwa pemakaian kertas washi bisa diganti dengan kertas krep. Sayangnya, kertas krep yang saya tahu warnanya polos, tidak ada corak. dan juga saat digunakan sebagai rambut, rada susah ngelemnya. Lengket-lengket. Ini menurut saya loh. Jadi untuk bagian rambut, saya menggunakan kain flanel hitam. Yang lainnya, tetep makai kertas kado.

https://rebellinasanty.blogspot.com
bagian belakang washi doll dari kertas kado, rebellina santy

Dari proses belajar membuat boneka kertas ala Jepang ini, saya jadi tahu, bahwa ada aturan tertentu dalam pembuatan boneka kertas, yakni masalah lipatan kimono. Dan saya  baca juga, bahwa banyak orang yang salah menerapkan  lipatan kimono, dimana seharusnya lipatan  kimono sebelah kanan (dari sudut pandang bonekanya, kalau dari sudut pandang kita yang  membaca, bagian kiri)  harus di bagian dalam, dan lipatan yang kiri harus di  bagian luar . Kalau sebaliknya, yang kanan di bagian luar dan kiri di bagian dalam, itu diperuntukkan   bagi yang telah  meninggal.

Seperti yang disebutkan di  salah satu tutorial tersebut, hati-hati  menekuni hobi pembuatan boneka kertas  ini, karena bisa menyebabkan ketagihan. Ternyata bener loh. Saya jadi ketagihan! Alhasil, beberapa hari ini berkutat dengan kertas kado, gunting dan lem. Dan tarraaaa!

 Berikut  beberapa boneka kertas ala jepang yang telah saya buat.

https://rebellinasanty.blogspot.com
washi doll dari kertas kado, rebellina santy

https://rebellinasanty.blogspot.com
washi doll dari kertas kado, rebellina santy


https://rebellinasanty.blogspot.com
pembatas buku washi doll dari kertas kado, rebellina santy


Setelah dicoba, enggak sulit  kok, dan bahan-bahannya murah meriah dan  gampang pembuatannya. terutama bagi saya, karena memakai kertas kado. Mau ikutan coba? YSimak tutorial pembuatannya di postingan berikutnya ya...

Salam,
Rebellina Santy



Rebellina Santy

Author, Blogger, Crafter, and Gardener. Informasi pemuatan artikel, Sponsored Post, Placement, Job Review, dan Undangan Event, email ke : rebellinasanty@gmail.com. Twitter/IG: @rebellinasanty

1 komentar:

  1. Waduh kreasi washi doll nya cantik2 mbak...nggak nyangka ya koleksi kertas kadonya jadi nggak mubazir.

    BalasHapus

Halo...
Thanks ya uda mau mampir dan kasih komentar di blog Rebellina Santy. Komentar kamu berharga banget buat saya.

Salam
Reni Susanti