Kamis, 06 Agustus 2015

Awuk-Awuk Ubi Ungu, Resep Mudah Tanpa Oven dan Bebas Gluten

http://rebellinasanty.blogspot.com
awuk-awuk ubi ungu, yummi. foto koleksi pribadi Rebellina
Ceritanya, saya nih dah lama enggak posting tulisan tentang resep favorit keluarga. Sejak ramadhan kemaren, kelelahan sepertinya belum mau beranjak pergi dari tubuh. Mau ngapa-ngapain bawaannya malas. Jangankan nulis resep, blog berkebun yang lagi dibenahi theme-nya aja masih terbengkalai. Takut lumutan dan penuh sarang laba-laba nih kalau dibiarkan terus rasa malasnya.

Untunglah..., tantangan GA-nya Pakde Abdul Cholik membuat semangat saya hadir lagi. Pakde Abdul Cholik ini seorang senior blogger yang sudah malang melintang di dunia blogging, sudah menulis beberapa buku, dan selalu rajin membuat GA, dan GAnya temanya unik-unik loh. Seperti kali ini, GA-nya tentang sepotong kue untuk Pakde. Hmm, jadi curiga , jangan-jangan Pakde mau ulang tahun nih


Semangat sih semangat, namun kebingungan juga resep kue yang mana nih yang mau dibuat khusus untuk Pakde? Bahan-bahan sih masih tersedia d dapur, namun pilihan resep yang mau dieksekusi sebagai persembahan buat Pakde itu yang bikin pusing. Namun ketika mata melihat ada ubi ungu di dapur, langsung deh terpikir satu resep yang amat mudah buatnya, namun rasanya joss. selain enak dan mudah buatnya, ubi ungu ini banyak manfaatnya, salah satunya pencegah kanker.

RELATEDSi Ungu Cantik Pencegah Kanker (Ipome Batatas Poiret)

Kue yang mau saya berikan ke Pakde ini namanya Awuk-awuk Ubi Ungu. Enggak usah takut repot buatnya, karena sangat amat mudah, enggak menggunakan mixer, enggak usah pakai oven juga, dan bahan-bahannya pun enggak susah di cari. Bisa dibeli di warung, dan terutama, resep awuk-awuk ini aman buat yang diet bahan gluten. Langsung aja deh saya bagi resep dan cara pembuatannya.

Bahan Awuk-awuk Ubi Ungu
Bahan I
200 gr ubi ungu, parut kasar (saya pakai parutan keju)
50 gr gula pasir
50 gr tepung ketan
100 gr kelapa muda, parut kasar

Bahan II, (dicampur jadi satu)
100 gr kelapa muda, parut kasar
1/2 sendok teh garam

http://rebellinasanty.blogspot.com
bahan-bahan awuk-awuk ubi ungu, ubi ungu,garam,tepung ketan, kelapa parut,gula pasir.

RELATED : Meriahnya Berbagi Dan Mengedukasi Cemilan Sehat Untuk Anak

Cara Membuat:
1. Campurkan ubi ungu, gula pasir, tepung ketan, dan kelapa parut jadi satu sampai rata. Sisihkan.
2. Oles cetakan kue mangkok dengan minyak goreng. Karena saya tidak punya cetakan kue mangkok, maka saya menggunakan cup alumunium foil sebagai gantinya, dan tetap di oles dengan minyak goreng.
3. Masukkan 1 sendok makan campuran parutan kelapa muda dan garam (Bahan II) di dasar cetakan.
4. Tambahkan bahan I. Ratakan. Kukus sampai matang kurang lebih selama 30 menit.

resep awuk-awuk ub ungu, olahan kue tradisional dari ubi ungu, kue bebas gluten, resep kue dari ubi ungu tanpa mixer
nah, setelah beli cetakan putu ayu, lumayan cantik deh tampilannya :)
Sangat mudah, bukan?

RELATED:  Blueberry Crumble, Sepotong Saja Tidak Akan Cukup

Awuk-awuk ubi ungu ini enak di santap saat hangat. Apalagi saat lagi berkumpul dengan keluarga, sambil ngopi-ngopi atau ngeteh. Bila ubi ungu sulit ditemukan, bisa diganti dengan ubi jenis lain, misalnya ubi merah. Dan bagi yang kurang suka rasa manis, takaran gula bisa dikurangi sehingga menjadi 40 gr saja.

Nah, buat Pakde Abdul Cholik, berhubung saya kesulitan mempersembahkan kue legit ini secara langsung kepada Pakde, maka saya persilakan Bude untuk menguji coba resepnya :)





Tulisan in berhasil meenjadi pemenang kedua dalam Giveaway yang diadakan oleh: http://abdulcholik.com/giveaway/daftar-pemenang-giveaway-mini-sepotong-kue-untuk-pakdehttp://abdulcholik.com


32 komentar:

  1. waaaaa aku ngences ni
    pengen
    ini kan kue tradisional ya mb

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Mbak Gustyanita. saya jarang bikin kue tradisional, soalnya kebanyakan ribet di cara. tapi yang ini mudah banget, dan rasanya memuaskan, karena anak-anak suka-suka. Di coba deh

      Hapus
  2. mudah sekali bikinnya ya
    pasti cocok untuk teman minum tehnya pakde bude

    :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kepikirnya, kalau yang seusia pakde dan bude, maunya bikin kue yang enggak pakai ribet namun rasanya enak poll, heheh :). Sok teung ya sayanya

      Hapus
  3. Wah...biasanya saya pake singkong kalo bikin awug2. Boleh juga nih, nyoba bikin pake ubi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. karena itu berarti layak coba variasi lain dari awuk-awuk ya Mbak Ika. Pengen nyoba juga awuk-awuk singkong ah

      Hapus
  4. Menu sederhana yang menggugah selera.

    Coba ah

    BalasHapus
    Balasan
    1. dan sehat serta aman bagi yang diet gluten :)

      Hapus
  5. Lumayan gampang. Cobain ah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. beneran gampang, dan bahannya mudah banget dicari

      Hapus
  6. ah gampang banget nih patut dicoba ah

    BalasHapus
  7. Saya kalau bikin ini pakai singkong mbak
    Manis guriiih enyaaaak

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya tah? wah, saya mau coba juga yang pakai singkong.

      Hapus
  8. nyam nyam... kue tradisional spt ini slalu ngangeni mba.. kr mgkn jrg yg jual.. mak nyuss..

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul, kue tradisional uda makin langka, solusinya jadi harus rajin bikin sendiri ya Mbak Irowati

      Hapus
  9. kayak kue putu ayu ya, pake kelapa di bawahnya

    BalasHapus
  10. iya. cuma saya belum pernah bikin putu ayu mbak. mau coba juga ah

    BalasHapus
  11. saya mau icip2 resepnya ya Mba.. ijin dibagikan pas pertemuan besok di rumah :)

    BalasHapus
  12. gampang ya mak, tp saya suka malas marut nih :( suka keparut tangannya soalnya...tapi..pengen nyoba juga...

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau kelapa, beli yg sudah diparut Mak. kalau ubi, parut pakai parutan keju. saya juga sering terluka kalau marut, hiks

      Hapus
  13. Bisa juga dicoba resepnya ren...mudah mudahan.sukses buatnya.

    BalasHapus
  14. Bisa juga dicoba resepnya ren...mudah mudahan.sukses buatnya.

    BalasHapus
  15. Bisa juga dicoba resepnya ren...mudah mudahan.sukses buatnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. pasti sukses Siswati, soale gampang banget, mudah dan cepat :)

      Hapus
  16. Cocok banget nih mba buat ibu yg gaptek dapur kayak aku, tinggal campur2 dan kukus aja kan. Thanks loh mba resepnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, mbak. enggak pakai ribet bikinnya. semoga enak saat diuji coba ya

      Hapus
  17. aih,boleh juga nih mbak resepnya...kapan2 ah pingin coba^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo coba, soalnya mudah kok bahan dan pembuatannya

      Hapus
  18. makasih bunda santi..saya lagi terapi ubi ungu..jadi nyari resep2 variasi ubi ungu.. ini yang paling q suka.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama. senang kalau ada yang suka, semoga bermanfaat

      Hapus

Hai.., Terima kasih sudah mau baca tulisanku. Jika berkenan, beri komentar ya. Setiap komentar insha Allah pasti dibalas, kecuali yang nyepam dan SARA ya. Komentar anda, membantu banget buat perbaikan Blog ini. Salam, Rebellina :)

badge