Minggu, 16 November 2014

Resep Cake Bebas Gluten :Cake Tepung Ketan Hitam


Sudah lama saya ingin buat cake dari tepung ketan hitam.  Pernah sih membuatnya beberapa bulan yang lalu, tapi cakenya di kukus, dan semua anggota keluarga suka banget dengan rasanya yang legit dan mois. Kali ini saya pengen coba bikin cake dari tepung ketan hitam lagi, tetapi  dengan cara dipanggang.

 Pengen buatnya sih udah lama, dan bahan-bahannya pun tersedia di dapur. Tapi baru punya tenaga sih tadi siang. Mungkin karena kasihan dengan anak-anak yang berkali-kali bilang kalau bundanya sudah lama tidak membuat cake yang dipanggang. Jadinya, begitu selesai buat roti Perancis (karena si bungsu selalu merengek pengen roti, jadinya bikin deh. Habis enggak kuat, setiap Minggu harus beli roti tawar 


Buka-buka buku resep, enggak ada yang kena di hati. Kalau pun ada, tepung ketan hitamnya di campur dengan tepung terigu, dan  memakai banyak telur. Saya sih pengen nyoba membuat cake yang murni berbahan dasar tepung ketan hitam tanpa campuran terigu. Apalagi kalau irit telur, mengingat harga telur kini tak semurah dulu lagi. Apa daya, untuk telur sepertinya tidak bisa dihemat-hematkan jumlah pemakaiannya. Tapi untuk tepung ketannya, saya memberanikan diriuntuk mencoba dengan cara saya sendiri. Tanpa campuran tepung terigu.

 Alhamdulillah, cakenya jadi dengan sempurna, dan rasanya eunak…, setidaknya itu menurut suami dan anak-anak. Dan terutama, anak ke dua saya yang memang (diharuskan) diet gluten, sangat menyukainya.  Jadi, resep yang saya bagi ini bisa deh jadi rujukan untuk ibu-ibu yang punya anak yang harus diet  atau pantang mengkonsumsi makanan yang berbahan dasar gluten. 

Berikut resepnya :
Tepung ketan hitam, 250 gr. Ayak.
Telur 6 btr
Margarin 200 gr di lelehkan
Garam ½ sdt
Gula halus  200 gr
Vanili bubuk 1 sdt
Emulsifier 1 sdm
Susu kental manis coklat, 4 sdm

 Cara membuat :
Kocok dengan mixer (kecepatan yang paling tinggi) telur,gula, emulsifier, dan vanili bubuk hingga kental. Masukkan  garam, kocok hingga mengembang. Lalu masukkan susu kental manis.  Kocok terus hingga tercampur rata. Kecilkan kecepatan mixer sampai paling rendah. Lalu masukkan tepung ketan hitam sedikit demi sedikit sampai habis dan tercampur rata.  Matikan mixer. 

Lalu dengan spatula, masukkan margarin yang telah dilelehkan  kedalam adonan tepung. Aduk rata hingga margarin benar-benar tercampur rata dengan memakai  teknik aduk balik. Tuang ke dalam loyang (saya pakai yg ukuran 27x27x4). Masukkan ke dalam oven  yang telah dipanaskan sebelumnya hingga suhu sekitar 200 C. Panggang hingga matang. 

Dinginkan, potong-potong. Dan sajikan. Cocok buat teman minum kopi/the sore-sore, dan juga cemilan buat anak-anak, terutama untuk anak autis/pantang gluten. Happy baking..:)
 
www.rebelliasanty.blogspot.com
Cake bebas gluten, cake tepung ketan hitam. foto pribadi Rebellina


12 komentar:

  1. Wah...enak banget kuenya bu, tapi kalau saya lebih suka yang dikukus. Dimulut rasanya lebih adem :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. selera beda-beda ya bu. Tapi mau kukus atau panggang, memeiliki citarasa unik tersendiri, dan anak-anak mah suka semuanya

      Hapus
  2. wah sepertinya enak sekali yaa ,, mau coba dirumah juga ah

    BalasHapus
  3. Kaka saya kalo bikin sake tepung ketan item ga pake mixer mba. saya dikasitau caranya gini2. tapi ampuuun deh saya belum tergerak juga bikin..belum nemu tepung ketannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang mbak, kalau ada bahan tapi belum tergerak, pasti juga enggak akan jadi. apalgi kalau bahannya belum ada. tepung ketan hitam emang enggak mudah ditemui di warung mbak.

      Hapus
  4. jadi inget tante saya yang suka bikin cake ketan hitam :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang kadang makanan membawa kita pada kenangan, terhdap sesuatu, atau seseorang :)

      Hapus
  5. Mbaa....mau tanya kalo.emulsifier ny di skip bisa ga ya?mungkin penggantinya wkt mixer telur aga dilamain gt ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. skip aja, juga gpp kok Mbak. sata sering enggak pake emulsifier, yang penting kocok telurnya sampai kental.

      Hapus
  6. Alhamdulillah....cake nya endeees bgts mba,enak bgt...suami&anak2 rebutan maem nya....ditunggu sharing resep yg laen nya ya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh alhamdulillah mbak, kalau cocok dengan selera keluarga. insha Allah sharing resep tetap :)

      Hapus

Hai.., Terima kasih sudah mau baca tulisanku. Jika berkenan, beri komentar ya. Setiap komentar insha Allah pasti dibalas, kecuali yang nyepam dan SARA ya. Komentar anda, membantu banget buat perbaikan Blog ini. Salam, Rebellina :)

badge