Rabu, 20 April 2016

Postingan Pemberi Harapan Palsu (PHP)

Saya ini tipe moody.  Kalau lagi bagus moodnya, wuah…, segala aktivitas mulai dari mengerjakan urusan domestik  rumah tangga :beres.  Berkebun : woke. Praktek bikin kue dan cemilan :  jalan. Begitu juga ngeblog, 4 blog semuanya bisa terisi di suatu waktu; mulai dari blog gado-gado, blog resep, blog keluarga, sampe blog cerita nyata hantu. Masih ada lagi 2 blog yang cuma judul aja, belum saya apa-apain, tentang lingkungan dan destinasi impian.


Kesannya kemaruk..Tapi begitulah saya, kalau lagi bagus moodnya, energinya terasa berlimpah-limpah. Semua pengen dilakukan, sampai akhirnya fisiknya kadang enggak kuat ngimbangi semangatnya. Kadang-kadang, jadi drop deh.

Sisi jelek lainnya lagi, ,  kalau moodnya lagi nukik tajam ke titik nadir, semua blognya nganggur. Penuh debu dan sarang laba-laba.  Boro-boro ngurus halaman,  apalagi bikin kue. uh..,malas! Kadangkala untuk urusan perut malah banyakan beli di warung nasi Padang. Tapi syukurnya, mood jeleknya akhir-akhir ini lumayan bias diatasi, enggak seperti dulu lagi.  Kuncinya, kedekatan sama Tuhan dan rajin baca Qur’an sehingga moodnya relatif  stabil. Enggak menggebu-gebu kalau lagi semangat, enggak juga terlalu down kalau  moodnya lagi jelek.

Nah, soal moody ini, ternyata mempengaruhi pola menulis saya. Kebanyakan saya menulis apa yang terlintas di hati, terutama untuk blog gado-gado ini. Jadi, begitu selesai, edit sana sini, lalu kasih gambar, posting. Kalau enggak selesai, jadi draft.

 Trus draftnya diselesaikan buat jadi postingan selanjutnya?

Enggak selamanya begitu…  #malu.

Soalnya, hari selanjutnya mood saya menulis sudah beda lagi temanya. Enggak heran, di folder computer saya, buanyak sekali draft  tulisan yang tak tuntas, atau saya lupa untuk di posting di blog. #salahkanmood!
Lain waktu nulis tentang sesuatu yang cukup panjang, sampai saya letih. Ya udah deh, sambungannya besok-besok aja. Yang penting posting dulu bagian pertama, begitu pikiran saya.  Nah,lagi-lagi.., hari selanjutnya, mood saya sudah berubah. Bukan enggak minat melanjutkan, tapi teralihkan pada sesuatu yang lebih kena di hati saat itu. Tarsok..tarsok (entar besok) jadi kalimat andalan. Dan akhirnya, postingan bersambung  pun, jadi terlupakan untuk dilanjutkan.

Tapi, kalau saya lupa, tidak halnya dengan bojo saya. Sebagai fans paling setia, malah dia yang ingat mana saja postingan saya yang bersambung, namun belum saya tuliskan  sambungannya.  Seperti kemaren siang. Saat lagi asyik nyelesai tulisan, tiba-tiba dia nyelutuk,
“Jangan lupa selesaikan  tulisannya yang bersambung. Nanti  jadi postingan  PHP,lo…”

"PHP apaan?" tanya saya tak mengerti. Saya tahu PHP artinya pemberi harapan palsu. Tapi sejak kapan tulisan di blog disebut sebagai tulisan PHP, Tulisan Pemberi Harapan Palsu? Dan harapan palsu  apaan? Seingat saya enggak ada ngejanjiin sesuatu yang penting ke orang lain.

“Itu tuh, udah berapa hayo postingan bersambungnya yang belum selesai..” katanya lagi.

“Tentang Ibu itu? Tenang aja. On progress..” kata saya. Dalam hati, oh.., postingan itu toh. Lega, berarti bukan soal janji pada siapa-siapa.

“Enggak itu aja loh. Ada  tulisan tentang  Pixar, trus yang tentang  Knight With The Shining Armour.”

Saya terperangah saat dia menyebutkan list judul-judl postingan di blog yang belum selesai (sambungannya). Saya aja hampir  lupa, kalau enggak diingatkannya. Bener-bener fans yang  luar biasa!

“Jangan PHP-in pembaca blog bunda,loh” lanjutnya lagi mengingatkan ulang.

“Ah, paling-paling enggak ada yang ingat,” kata saya ngeles.

“Aku ingat. Aku khan pembaca setia blogmu!”

Mati kutu!
Diam…
Hening…
Cuma detak jam dinding yang terdengar.
Lebay! Soalnya enggak ada jam dinding di ruang kerja.

Beberapa detik kemudian dia ngomong lagi, “Setidaknya, selesaikan komitmenmu. Mau ada yang baca atau tidak, tuntaskan apa yang sudah kamu mulai.”

Nohok, tapi bener banget.

Saya enggak mau bantah lagi, karena  saya akui, saya punya hutang komitmen menyelesaikan tulisan yang belum tuntas.  Ok deh, saya harus mulai melacak kembali tulisan-tulisan mana di blog saya yang belum selesai (alias part selanjutnya belum di posting).

Ternyata, setelah  lihat daleman blog, ketahuan deh tulisan-tulisan yang harus segera saya tuntaskan bagian selanjutnya. Lumayan juga jumlahnya. Duh…

 Saya tuliskan listnya di sini, sebagai pengingat, supaya saya tambah semangat menyelesaikannya. Urutan, dari postingan terbaru, sampai yang awal –awal ngeblog. Berikut list postingan yang disebut suami sebagai Postingan PHP, alias Postingan Pemberi Harapan Palsu


Ibu, maafkan aku karena tak merindukanmu

Tulisan ini memang sedang saya kerjakan sesantainya. Diniatkan sebagai ebook yang akan saya berikan gratis kepada pembaca blog nantinya bila sudah selesai utuh. Tapi tetap saya  masukkan dalam list sebagai penyemangat dan pengingat agar cepat selesai.

2.       Belajar Dari 22 Tips Menulis Cerita Keren Pixar 5 Juni 2015
Belajar dari 22 tips menulis cerita keren Pixar

Ini bagian pertama dari dua bagian . Isi tulisannya tentang tips-tip bagaimana menulis cerita yag keren ala Pixar. Pemberi tipsnya adalah Emma Coats, salah seorang story board Pixar. Mudah-mudahan dalam waktu dekat bagian keduanya bisa saya tuntaskan.

3.       Baju Baru Untuk Noura, 24 Januari 2014
Baju Baru Untuk Noura


Tulisan ini adalah cerpen. Latar belakang penulisan ini adalah saya lagi belajar buat cerpen yang berkisah tentang seorang istri yang harus bersabar di tengah-tengah keluarga suami yang tidak menyukainya. Menurut saya, cerpen saya ini masih mentah banget. Baca ulangnya jadi malu. Tapi harus tetap semangat menuntaskannya agar semakin terlatih.

4.       Wasiat Membawa Petaka 13 Pebruari 2014
wasiat membawa petaka

Niat awal membuat tulisan ini adalah membuat novel misteri yang berdasarkan kisah nyata. Awalnya saya tuliskan di blog khusus kisah misteri, namun blog itu saya hapus. Eh kini blog khusus misterinya saya buat  lagi, tapi belum publish sepenuhnya karena masih belum sreg dengan templatenya. . Tapi tulisan wasiat ini  ini masih ada dalam blog rebellinasanty ini.

 Kalau ini, hmmm.., sepertinya saya tuliskan lanjutannya atau saya selesaikan jadi buku saja ya?
Sumbang saran dong..

5.       Waiting 4The Knight With The Shining Armour 18 Agustus 2013
waiting 4 The Knight With The Shinning Armour

Nah, kalau tulisan ini sih sebenarnya menceritakan pengalaman soal lika liku ketemu  jodoh. Bagian keduanya malah dinati-nanti oleh bojoku sendiri. Padahal, endingnya mah ama dia J

6.       Prasangka 13 Maret 2013
Prasangka

Ini sih tulisan tentang pengalaman sendiri saat banyak prasangka dan fitnah mendera hanya karena penampakan dan penampilan. Memang tidak ada tulisan bersambung sih, tapi endingnya agak ngegantung karena waktu itu diniatkan ada versi sambungannya walau judulnya beda. Mudah-mudahan saya masih mood menuliskan pengalaman yang lainnya terkait prasangka ini.

7.       18 Jenis Hewan yang Berguna Bagi Tanaman
bundaberkebun.blogspot.com

Tulisan ini ada di blog saya yang lain, yang khusus tentang hobi tanam menanam saya alias berkebun. Di blog ini, tulisan bersambung yang belum tuntas cuma ini. Harus segera diselesaikan.

Ya ampun.., ternyata banyak postingan  pemberi harapan palsu ya. Mudah-mudah saya bisa nyicil nyelesain tulisan ini dalam waktu dekat, jadi suami enggak akan bilang lagi kalau saya nulis postingan yang PHP, alias Postingan Pemberi Harapan Palsu.




33 komentar:

  1. waduh, ternyata banyak tulisan PHP nya, ayo semangat...mbaaa, saya malah lagi malesss banget tapi kalo saya ga nulis sehari nantinya jadi males beneran selamanya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha, iya nih. Semangatnya harus dinyalakan lagi, biar blognya enggak penuh sarang laba-laba :)

      Hapus
  2. Aku juga sering gitu mbak...banyak tulisan yang belum selesai. Kalo ganti hari, ganti mood nulis..hehe
    begitupun dengan tulisan di blog, banyak yang masih dalam bentuk draft...hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah berarti sama dong. Tipe moody. Toss ah

      Hapus
  3. Hmm iya nih sama mbak di blog saya juga masih ada nih postingan php alias pemberi harapan palsu, hmm sebenarnya sih bingung mau diapain, ahi hi hi.

    BalasHapus
  4. Aku juga mbaa.. Di draft ada 20an judul dan belum nemu mood lagi buat nyelesaikan. Huhuhu..

    Tapi keren euy punya pembaca setia..ehemmmm.. :D

    BalasHapus
  5. tapi tetep aja aku salut mbak bisa handle banyak blog gitu :D.. aku 1 blog aja sering lupa nulis mbak... pdhl target udh dibikin gampang, cuma 1x seminggu minimal update -_-. tetep aja sering ga kecapai..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha, saya mah maruk. enggak kehandel sih, malah banyak dianggurin. Tapi karena nulisnya untuk menyenangkan diri juga, ya sesantainya aja

      Hapus
  6. hai semangat yaaa mbak, ntar aku juga baca postinganmu kok :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. santai Mbak Christanty. Aku tetap semangat kok

      Hapus
  7. kok mirip bnaget sama aku ya mbak, jadi merasa tertonjok2 nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. kayaknya banyak yang suka PHP ya terhadap blognya, hihihi

      Hapus
  8. saya termasuk jenis cowok moody, eh tapi bener

    ketika saya ngga mood, dipaksain pun jadinya hanya tulisan jelek. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha, sepakat. Tapi lebih baik juga sih kalau bisa mengatur mood agar stabil, enggak up dan down kayak roller coaster, hehehe

      Hapus
  9. 4 blog?? wahh, Mba hebat, kalo saya kayaknya nggak bakalan sanggup, lha 1 ajah masih malas update blog :)
    saya juga moody Mba, ada beberapa tulisan di laptop yang udah setengah jadi tapi belum sempat diselesaikan.. baca tulisan ini jadi semangat lagi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. aduh Mbak, enggak juga. banyak blognya buatnya kala suntuk dan pengen sesuatu yang aru. yang serius ditulis masih yang ini. yang lain, keteter, hehehe

      Hapus
  10. hahahah ternyata maksudnya ituu toh phpnya hahahaha saya pikir apaan... ada serinya yah tulisannya kak? woaahhh bisa bikin novel berarti ihik ihik.. semangattt kakkk! saya juga belajar disiplin

    BalasHapus
    Balasan
    1. heheeh, sempat terkecoh ya. iya, ditulis buat semanganya balik lagi agar nyambung tulisan yang masih belum tuntas

      Hapus
  11. mbak, maaf, numpang tanya. itu blog hantu kisah nyatanya apa ya? boleh donk, buat baca2 kalo iseng2.. hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. masih belum di launching mbak. ntar kalau sudah beres semuanya :)

      Hapus
  12. kayaknya yang bunda rasakan juga dialami setiap penulis deh, termasuk aku hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya nih. tapi kali ini moodynyaparah. enggak tahu kenapa kok malah jadi stuck hampir setahun. hiks #curcol

      Hapus
  13. Yuk ah jangan turutin malesnya, ajak nari terus jarinya

    salam
    gabrilla

    BalasHapus
  14. wah ... mbak punya 4 blog ,... bagaimana ngurusnya, saya aja mengurus 2 blog udah kewalahan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ngurusnya ya gitu. kadang rame, kadang berdebu. tergantung mood, hehehehe

      Hapus
  15. Udah mulai nulis lagi mbak?

    Salam,
    Rasya

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini sudah mulai muncul lagi semangatnya. moga enggak surut

      Hapus

Hai.., Terima kasih sudah mau baca tulisanku. Jika berkenan, beri komentar ya. Setiap komentar insha Allah pasti dibalas, kecuali yang nyepam dan SARA ya. Komentar anda, membantu banget buat perbaikan Blog ini. Salam, Rebellina :)

badge