Kamis, 09 April 2015

Mini Coco Lava Isi Apel, Resep Mudah Tanpa Mixer Dan Oven

Mini Coco Lava Isi Apel, Resep Mudah Dengan Hanya 3 Bahan Utama Saja.

www.rebellinasanty.blogspot.com
poto pribadi rebellina, mini coco lava isi apel
Sebenarnya, mini coco lava, demikian saya menyebut nama cemilan sejenis truffle ini, dibuatnya secara tak sengaja. Awalnya ingin bikin cemilan khas Brazil, sejenis trufle berasa manis. Tertarik ingin bikin cemilan khas Brazil tersebut gegara baca bettycrocker.com, dimana tampilan cemilan ini begitu mengundang selera. Dan ternyata bahan dan cara membuatnya juga begitu mudah. Tertariklah pengen nyoba..

Jadilah dipaksain beli susu kental manis di warung, karena salah satu bahan utamanya ya itu, susu kental manis. Lainnya, ada di dapur, berupa coklat bubuk dan margarin/mentega. Langsung deh buat. Eh, setelah semua prosedur dipenuhi, dan truffle ini telah ditempatkan dalam cup kecil-kecil, kok bentuknya enggak set. Jadinya melebar, dan rasanya sangat terlalu manis untuk ukuran lidah saya. Ketika Kakak Sya dan Ai menyicipi truffle ini pun, mereka sependapat dengan saya. Rasanya terlalu manis.

" Duh,  gimana ngakali rasa yang terlalu manis ya?"pikir saya. Solanya, anak-anak pun kurang sreg dengan rasa manis yang berlebihan tersebut, selain tentu saja kurang baik untuk gigi mereka. Otak pun berpikir cepat. Ada buah apel di dalam kulkas. Langsung saya kupas, dan potong kecil-kecil. Sisa adonan pun saya isi dengan potongan apel. Dan setelah dicicipi oleh saya dan anak-anak, "Horee..! Rasanya ok!" Itu kata anak-anak.



Sayangnya, walau sudah di simpan di dalam kulkas selama  beberapa jam, tampilan truffle khas-nya Brazil ini masih jauh dari yang ada di websitenya si Betty tersebut. Apa karena adonan belum pekat bener, atau karena saya pakai air untuk mengaduk bubuk coklatnya? Dan rasanya walau sudah agak ternetralisisr oleh potongan buah apel, tetep saja masih terlalu manis.

Namun, hasil eksekusi resep brigadeiro ini tak mengecewakan sama sekali, kok. Karena ternyata, selain anak-anak suka, tampilan truffle ini ketika digigit mirip coco lava, karena ada lelehan coklat yang keluar dari dalamnya. Sensasi lelehan coklat dan potongan buah apel, ternyata nikmat banget di lidah. Jadi bisa dikatakan, resep brigadeiro ala saya gagal, tapi jadinya nemu resep baru. Saya nyebutnya, mini coco lava isi apel. Keburu lupa resepnya, saya catat di blog ini saja. Yang berminat, silakan coba.

www.rebellinasanty.blogspot.com
mini coco lava isi apel, poto pribadi rebellina
Mini Coco Lava Isi Apel Ala Bunda

Bahan Utama
1 kaleng susu kental manis (saya pakai Cap En**)
2 sendok makan munjung bubuk coklat
2 sendok makan margarin
50 ml air.

Bahan Tambahan Untuk Toping (silakan berkreasi sendiri)
Kacang tanah atau kacang mede, sangrai matang, cincang kasar
meses (tidak disarankan, karena trufflenya sudah terlalu manis)

Bahan Isi
1 buah apel, kupas, rendam air garam, tiriskan, potong kotak kecil

Cara membuat:
Larutkan bubuk coklat dengan air, sampai tidak bergumpal. Tempatkan susu kental manis dalam panci. Campur dengan larutan bubuk coklat dan margarin.Masak di atas api sedang sambil diaduk-aduk agar tidak gosong, sekitar 15 menit. Matikan api, bila adonan sudah tidak lengket alias kalis, dan terlihat mengilat. Memastikan adonan sudah kalis adalah  dengan membalik adonan di dalam panci dengan spatula  dan dasar panci sudah terlihat.

Dinginkan adonan. Oleskan telapak tangan dengan margarin, agar adonan tidak lengket saat adonan dibentuk bulat-bulat. Beri isian potongan buah apel di dalamnya, bentuk bulat. Gulingkan ke dalam meses atau kacang sangrai cincang. Tempatkan dalam cup kertas kecil. Masukkan ke dalam kulkas.
Siap santap dalam keadaan dingin.

Mini coco lava ini enaknya dimakan dalam keadaan dingin. Tidak bisa dijadikan snack ringan untuk dibawa ke sekolah, karena ternyata mini coco lava ini tidak bisa lama di suhu ruang, karena jadi lumer. Dan tidak disarankan untuk terlalu sering dibuat untuk anak-anak, karena rasanya yang terlalu manis.

Silakan mencoba.

Catatan: Resep asli Brigadeiro tidak menggunakan isi. Hanya susu kental manis, margarin, bubuk coklat dan taburan toping yang bisa berupa aneka kacang-kacangan atau pun meses.Cara membuatnya seperti di atas, hanya tanpa isi.Bisa dilihat jelas di websitenya bettycrocker.com.




15 komentar:

  1. mungkin topingnya bisa diganti keju utk menetralisir rasa manisnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh dicoba tuh Mak Santi. saya sih belum praktek lagi :)

      Hapus
  2. huaaaa..... akhirnya bs mampir ke sini.
    menteganya dicairin dulu nggak? kalo SKM-nya dikurangi mngkn bs nggak kemanisan ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. mentega tidak dicairkan mbak. campur saja dengan skm dan bubuk coklat, baru dimasak. kalau skmnya dikurangi, kemungkinan hasilnya malah beda. mungkin lebih baik merknya skmnya yang dganti, biar tahu bedanya

      Hapus
  3. ijin share ke fb page ya mbak... oke nih (y)

    BalasHapus
    Balasan
    1. silakan Mbak. Tapi tetep cantumi sumbernya khan? :)

      Hapus
  4. Main kesini tu pasti ga lupa bawa tissue... selalu ngecess soalnya :p

    BalasHapus
  5. Main kesini tu pasti ga lupa bawa tissue... selalu ngecess soalnya :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe, di coba atuh, biar hilang ngecessnya :)

      Hapus
  6. Mak.. Klo bubuk coklatnya diganti dgn milo?? Bisa ngga?? Hehhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, pakai bubuk coklat tanpa rasa saja, rasanya udah manis banget, apalagi kalau pakai milo yang udah manis. tapi kalau memang suka manis sih silakan coba aja :)

      Hapus
  7. mmm yummy...semua serba coklat saya suka mak, anak2 apalagi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan sering-sering Mak, terlalu manis :)

      Hapus
  8. kayaknya nggak usah pake air kali ya, cukup susu kental manis aja (mungkin) :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa jadi Bu, soalnya resep asli brigadeironya enggak pakai air

      Hapus

Hai.., Terima kasih sudah mau baca tulisanku. Jika berkenan, beri komentar ya. Setiap komentar insha Allah pasti dibalas, kecuali yang nyepam dan SARA ya. Komentar anda, membantu banget buat perbaikan Blog ini. Salam, Rebellina :)

badge